Dinsos P3A Blora Memotivasi Perempuan di Pedesaan untuk Berwiraswasta Dalam Rangka Ketahanan Keluarga

- Senin, 12 September 2022 | 08:41 WIB
Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) yang digelar Dinsos P3A Blora. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)
Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) yang digelar Dinsos P3A Blora. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka-muria.com- Dalam rangka meningkatkan perekonomian pasca pandemi dan menekan inflasi, Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jateng bekerjasàma dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora, mendorong dan memotivasi perempuan kelompok rentan di sejumlah pedesaan/kelurahan untuk berwiraswasta.

Langkah kongkritnya dengan menggelar berbagai pelatihan untuk memberdayakan perempuan kelompok rentan tersebut melalui Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP).

Kali ini PPEP tersebut dilaksanakan di dua desa di wilayah Kecamatan Banjarejo, yakni Desa Mojowetan dan Desa Gedongsari. Pelatihan berlangsung selama dua hari berturut-turut. Yakni Sabtu (10/9/2022) dan Minggu (11/9/2022).

Baca Juga: Dinsos P3A Blora Turun Lapangan, Ajak Jauhi Kekerasan Pada Anak Dengan Dalih Disiplin

Tampil sebagai narasumber di pelatihan yang diikuti 20 kaum perempuan di masing masing desa (Mojowetan dan Gedongsari), anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah H Abu Nafi, SH dan Yohanes Winarto, SH, MH  serta Ka Dinsos P3A Blora, Dra. Indah Purwaningsih M.Si

Dikemukakan Kepala Dinsos P3A Indah Purwaningsih, PPEP kali ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar lokal yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

‘’Pelatihan lanjutan di Mojowetan dan Gedongsari dengan materi pengemasan dan pemasaran produk-produk tersebut,’’ jelas Indah Purwaningsih.

Baca Juga: Cristian Gonzales Tak Diturunkan, PSIM Yogyakarta Kesulitan Tambah Gol ke Gawang PSCS di Hasil Liga 2 2022

Dikatakan, untuk materi pengemasan dan pemasaran disampaikan oleh Endang Sulastri dan Agung, keduanya perwakilan PT. SHAFA FOOD.

Sementara itu untuk narasumber dari DPRD Jateng, DP3AP2KB Prov Jateng dan Dinsos P3A Blora memberikan motivasi dalam rangka mewujudkan Ketahanan Keluarga di bidang ekonomi dengan berwirausaha kepada para peserta

‘’Melalui PPEP, seluruh perempuan peserta mendapatkan pengalàman serta diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Selain itu diharapkan pula mereka dapat memanfaatkan peluang usaha melalui pemasaran sebagai upaya membantu perekonomian di lingkungannya,’’ pungkas Kepala Dinsos P3A Indah Purwaningsih.

Baca Juga: Cegah Bullying LBH Ansor Pati Safari ke Madrasah dan Pesantren

Sebagai informasi, PPEP adalah Pelatihan Peningkatan Ekonomi Perempuan sebagai wujud upaya meningkatkan produktivitas perempuan di desa maupun kelurahan di zona kemiskinan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

***

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Blora Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Jumat, 25 November 2022 | 08:21 WIB

Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Bidan

Senin, 21 November 2022 | 16:27 WIB
X