Saka Pengawas Pemilu Kwarcab Jepara Dibentuk, Apa Saja Tugasnya?

- Jumat, 9 September 2022 | 08:06 WIB
Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho menyematkan pin jabatan kepada Ketua Majelis Pembimbing Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara Sujiantoko pada pelantikan dan pengukuhan Pengurus Masa Makti 2022-2025 di Sanggar Pramuka Jepara, Kamis (8/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho menyematkan pin jabatan kepada Ketua Majelis Pembimbing Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara Sujiantoko pada pelantikan dan pengukuhan Pengurus Masa Makti 2022-2025 di Sanggar Pramuka Jepara, Kamis (8/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria
com - Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara masa bakti 2022-2025 resmi dilantik oleh Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho, Kamis (8/9)

Hesti mengatakan, dengan pelantikan dan pengukuhan Saka Adhyasta ini, anggota Pramuka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk turut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu, khususnya di Kabupaten Jepara.

Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Jepara yang memiliki tiga Krida, yakni Krida Pencegahan, Krida Pengawasan dan Krida Penanganan Pelanggaran. Tugas pokok itu dikukuhkan dengan terbitnya Surat Keputusan Kwarcab Jepara Nomor 054 Tahun 2022 tentang Susunan Pengurus Satuan Karya Adhyasta Pemilu Kwartir Cabang Jepara masa bakti 2022-2025 tertanggal 30 Agustus 2022. 

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jepara  Sujiantoko, selaku Ketua Majelis Pembimbing menyatakan terima kasih kepada Ketua Kwarcab dan Andalan Cabang yang telah menfasilitasi terlaksananya kegiatan pelantikan dan pengukuhan Saka Adhyasta Pemilu Jepara.

"Saka Adhyasta adalah Satuan Karya Pramuka  yang mewadahi anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang memiliki minat untuk meningkatkan berkecakapan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan Pemilu untuk menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan Pemilu dan menjaga marwah pemilu yang bermartabat dan integritas di bawah bimbingan Bawaslu Jepara," jelasnya.

 Ia mengatakan, Saka adhyasta Pemilu di Kwarcab Jepara ini adalah Saka adhyasta Kabupaten/Kota yang ke-31 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang telah dikukuhkan oleh Kwartir Cabang.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara berharap dengan dukungan dan bimbingan Kwarcab Saka Pengawasan Pemilu di Jepara ini berkembang di masa mendatang.

"Dengan keterlibatan Pramuka dalam penyelenggaraan Pemilu ini, semoga pelaksanaan Pemilu tahun 2024, khususnya di Jepara dapat berjalan aman, tertib, untuk mewujudkan Pemilu berintegritas dan bermartabat," katanya.

Daftar lengkap Pengurus Saka Adhyasta Kwarcab Jepara masa bakti 2022-2025: 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepara Usulkan UMK 2023 Rp 2.272.626,63

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:37 WIB
X