Kolam Mancing Bersedekah, Puaskan Hobi Memancing Hasil untuk Santunan Kematian

- Jumat, 23 Juli 2021 | 15:54 WIB
Warga berhasil memancing ikan lele di kolam Mancing Bersedekah di Kelurahan Wergu Wetan Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jumat (23/7). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Warga berhasil memancing ikan lele di kolam Mancing Bersedekah di Kelurahan Wergu Wetan Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jumat (23/7). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Menyalurkan hobi sekaligus bersedekah. Dua kegiatan positif itu ada di satu tempat kolam Mancing Bersedekah di RT 3 R 3 Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Kolam Mancing Bersedekah dibangun warga secara swadaya. Hasil dari kolam pemancingan ini dikembalikan lagi ke warga dalam bentuk donasi atau uang santunan kematian. Suhadi (56), pengelola kolam Mancing Bersedekah mengatakan, kolam yang berisikan ikan lele ini mulai dibangun awal Desember tahun lalu.

Hingga saat ini, kolam Mancing Bersedekah itu mampu menghasilkan uang kas senilai Rp 8 juta. Suhadi mengatakan, dari hasil kolam itu sudah disalurkan uang santunan kepada 20 warga.

Jumlah uang santunan untuk warga dari hasil pengelolaan kolam Mancing bersedekah bervariasi. Suhadi mengatakan besaran uang santunan kematian yang disalurkan antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu per orang.

Semula, kolam Mancing Bersedekah hanya berupa kolam dengan dinding tanah. Ukuran kolam sekitar 8 meter X 8 meter. Kolam itu berada di belakang rumah salah seorang warga Desa Wergu Wetan, persis di pinggir sungai.

BACA JUGA : Baznas Wujudkan Zakat ASN dengan Program Bedah Rumah, Tiga Warga Ini Terharu Menerimanya

Belakangan, warga mulai menata kolam lele itu. Dinding kolam yang semula tanah kini sudah berganti degan dinding semen. Pinggir kolam juga ditata agar para pemancing betah berlama-lama di kolam Mancing Bersedekah.

Suhadi mengatakan, pemancing umumnya datang berkelompok. Sebelum memancing, warga terlebih dulu memesan ikan lele yang hendak dipancing. “Beratnya terserah saja. Bisa satu kilogram atau lebih. Harga ikan lele sebesar Rp 25 ribu per kilogram,” katanya, Jumat (23/7).

Ikan yang dibeli itu kemudian dilepas di kolam lele. Barulah pemancing bisa memancing di tempat itu. “Berapapun ikan yang berhasil dipancing boleh dibawa pulang. Jika kurang dari yang dibeli, maka kelebihan ikan tetap ada di kolam,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X