Ditarget Oktober, Bupati Kudus Ingin Lahan SIHT Segera Ada Kepastian

- Senin, 5 September 2022 | 18:04 WIB
Sejumlah pekerja di kawasan industri hasil tembakau (KIHT) saat memproduksi rokok. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah pekerja di kawasan industri hasil tembakau (KIHT) saat memproduksi rokok. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comBupati Kudus HM Hartopo berharap agar pada Oktober nantinya untuk permasalahan titik lahan sentra industri hasil tembakau (SIHT) sudah dapat dipastikan. Sehingga proses selanjutnya bisa segera dilakukan.

Saat ditanya terkait lokasi SIHT sendiri, Hartopo menyebut masih merujuk pada tiga titik. Dikatakannya, penentuan lokasi itu nantinya ada pada tim yang telah dibentuk saat ini.

Pihaknya mengaku tidak punya hak prerogative untuk menentukan tersebut. “Harapannya pada Oktober sudah fiks, sudah selesai,”terangnya.

Baca Juga: Hemat Anggaran, Ketua DPRD Kudus Masan Minta Proyek SIHT Manfaatkan Aset Lahan Mangkrak

Dengan begitu dia berharap jika nantinya akan ada pembelian bisa segera dilakukan pembelian.Sementara terkait tekhnis pembayarannya sendiri juga dikatakannya perumusannya juga dilakukan tim tersebut.

“Jadi dalam tim itu juga melakukan survei, verifikasi dan lainnya. Dalam tim itupun ada pihak dari pemda dan pihak terkait seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), maupun aparat penegak hukum (APH),”tambahnya.

Keberadaan APH itu sendiri dikatakannya biar bisa dilakukan monitoring. Sehingga diharapkan nantinya agar tidak ada permasalahan hukum kedepannya.

“Terkait nilai tanahnya berapa juga belum dilaporkan. Termasuk dari tiga titik itu nantinya akan mengerucut kemana.Semua yang tahu tim, bahkan alasan ataupun pertimbangan apa dipilihnya titik itu nantinya tim yang tahu,”tambahnya.

Meski begitu dia meminta agar lokasi SIHT nantinya bisa memiliki akses yang baik. Selain itu juga agar nantinya titik lokasi bisa diperluas kembali. Mengingat masyarakat banyak yang antusias terhadap SIHT.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB
X