Idul Adha, Pemkab Kudus Gratiskan Biaya Pemotongan Hewan Kurban di RPH

- Senin, 19 Juli 2021 | 16:13 WIB
Hiruk pikuk kondisi Pasar Hewan di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo jelang Hari Raya Kurban saat pandemi, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Hiruk pikuk kondisi Pasar Hewan di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo jelang Hari Raya Kurban saat pandemi, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS, suaramerdeka-muria.com  – Pemkab Kudus menggratiskan biaya pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) milik pemerintah daerah. Kebijakan itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar pemotongan hewan kurban bisa lebih cepat dan terjamin kebersihannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sunardi mengatakan, sudah ada empat panitia kurban yang menghubungi untuk pemotongan hewan kurban di RPH Prambatan Kidul Kudus. Total hewan kurban yang sudah terdaftar sebanyak 18 ekor.

“Untuk hari Rabu atau hari raya kedua kami melayani pemotongan 15 ekor hewana kurban. Untuk hari Kamis kami melayani tiga ekor. Kami mempersilakan warga yang ingin menggunakan fasilitas RPH untuk pemotongan hewan kurban,” katanya melalui Anton Cahyono, Kepala UPTD RPH dan Puskeswan pada Dinas Pertanian dan Pangan, Senin (19/7).

BACA JUGA : Cerita Sapi Milik Kades di Rembang Dibeli Presiden Jokowi untuk Kurban

Anton mengatakan, Pemkab Kudus kini memiliki dua RPH. Selain RPH Prambatan Kidul, Pemkab Kudus juga memiliki RPH Ngembalrejo. Hanya saja, RPH Ngembalrejo kondisinya kurang representatif.

Meski demikian, RPH Ngembalrejo tetap digunakan untuk pemotongan hewan. Saat Idul Kurban, warga di sekitar Ngembalrejo memanfaatkan RPH itu untuk pemotongan hewan kurban.

“Biaya retribusi untuk pemotongan hewan yang sesuai Perda ditentukan sebesar Rp 25 ribu per ekor kami gratiskan selama hari raya,” katanya.

Digratiskannya biaya retribusi pemotongan hewan ini, kata Anton, diatur dalam Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Rumah Potong Hewan.

Karena itu, ia berharap warga panitia kurban memanfaatkan kesempatan untuk pemotongan hewan kurban di RPH. “Untuk jam operasional selama Idul Adha menyesuaikan jumlah hewan yang akan dipotong,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Pasar Kliwon, Kantor BRI Unit Kota Ludes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:23 WIB

Hanura Perintahkan Kader Hadir di Tengah Masyarakat

Kamis, 30 Desember 2021 | 17:20 WIB

Luas Kabupaten Kudus Bertambah 2.228 Hektare

Senin, 27 Desember 2021 | 07:25 WIB
X