PD PKPNU, Jumlah Warga NU Mayoritas, Peran Masih Minoritas

- Sabtu, 3 September 2022 | 09:03 WIB
Ratusan peserta dari berbagai daerah di Jateng mengikuti Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU) yang digelar di Kampus Politeknik Balekambang, Ponpes Roudlatul Mubtadiin, Nalumsari, Jepara, Jumat(2/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Ratusan peserta dari berbagai daerah di Jateng mengikuti Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU) yang digelar di Kampus Politeknik Balekambang, Ponpes Roudlatul Mubtadiin, Nalumsari, Jepara, Jumat(2/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Tidak banyak organisasi yang mampu bertahan hingga 100 tahun. NU merupakan salah satu ormas yang mampu melewati era satu  abad itu. Berdasar hasil survei sejumlah lembaga survei terkemuka warga NU ditaksir sekitar 50 persen dari jumlah umat Islam di Indonesia.

"Survei dari LSI  (Lembaga Survei Indonesia-red) warga NU di atas 40 persen dari jumlah umat Islam di Indonesia. Bahkan, Saiful Mujani bilang angkanya lebih dari 50 persen," kata instruktur dari PBNU KH Kholison Syafi'i  pada pembukaan Pendidikan Dasar - Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) yang digelar di Kampus Politeknik Balekambang, Ponpes Roudlatul Mubtadiin, Nalumsari, Jepara, Jumat (2/9).

Yang jadi persoalan, ungkapnya, ternyata angka yang besar ini belum menjadi kekuatan, baik di bidang ekonomi, politik dan lainnya. Angka yang besar itu tidak berbanding lurus dengan manfaat yang diperoleh.

Baca Juga: Mahasiswa Politeknik Balekambang Dampingi UMKM Bategede

NU juga belum mampu mewarnai Indonesia.

"Salah satu pangkal persoalannya menurut survei, indeks ideologi warga NU di bawah 5 persen. Pentingnya PD-PKPNU untuk menyelesaikan persoalan itu," papar KH Kholison, yang juga pengurus PWNU Jateng itu.

Dia berharap PD-PKPNU, mampu mengarahkan warga NU agar bisa berkhidmat dan memiliki cara pandang yang sama. Ujung dari proses itu, gerakan yang dilakukan juga akan sama.

"Jadi, nanti fikroh, amaliah hingga harokah NU sama. Pandangan kebangsaan dan berpolitik juga ala NU," katanya.

Kegiatan PD-PKPNU yang dijadwalkan berlangsung Jumat-Minggu (2-4/9),  diikuti ratusan kader NU dari sejumlah daerah  di Jawa Tengah. Diantaranya, dari PCNU Jepara, Kendal, Kudus dan Demak.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pameran Krenova, Meriahkan Peringatan Hakteknas Ke-27

Selasa, 22 November 2022 | 11:36 WIB

HAB ke-77 Kementerian Agama Dimeriahkan Banyak Kegiatan

Selasa, 22 November 2022 | 06:17 WIB

Ketua DPRD Hibahkan Ambulans Untuk Pelayanan Gratis

Senin, 21 November 2022 | 16:57 WIB

Tekan Inflasi, Pemkab Jepara Gelar Bazar Pangan Murah

Jumat, 18 November 2022 | 14:30 WIB
X