Update Jalan Tol Demak – Tuban, Panjang Jalan Tol di Kudus Berkurang

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 06:55 WIB
Kegiatan konsultasi publik proyek jalan tol Demak - Tuban di Kabupaten Kudus, Selasa (30/8) pagi. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Kegiatan konsultasi publik proyek jalan tol Demak - Tuban di Kabupaten Kudus, Selasa (30/8) pagi. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Rencana proyek jalan tol DemakTuban yang melintas di wilayah Kabupaten Kudus berubah lagi. Pada  kegiatan konsultasi publik (public hearing) yang digelar Kementerian PUPR di aula lantai IV Gedung Setda Kudus, Selasa (30/8) diketahui, panjang jalan tol yang melintasi Kudus menjadi sepanjang 8,3 kilometer.

Padahal rencana awal jalan tol yang melintasi daerah selatan Kabupaten Kudus sepanjang 15,8 kilometer.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Ditjen Pembiayaan Infrastuktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Reni Ahiantini mengungkapkan ruas jalan tol di Kudus melintasi empat kecamatan dan 13 desa.

Baca Juga: Update Proyek Tol Demak – Tuban, Usulan Exit Tol dan Rest Area di Kudus Dapat Lampu Hijau

Penyiapan jalan tol tersebut, kata dia, nantinya melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan usaha, sedangkan penyiapannya memenuhi seluruh aspek dan regulasi.

"Setelah melalui kajian teknis, berikutnya masuk ke studi lingkungan dan nanti izin studi lahan. Nantinya juga akan ada tim survei langsung ke lokasi untuk lahan yang akan menjadi koridor tol," katanya.

Adanya konsultasi publik ini, kata dia, untuk menjaring saran, masukan dan tanggapan masyarakat, sekiranya nanti ada potensi atau hal-hal yang harus diantisipasi segera, khususnya aspek lingkungan dan sosial dalam proses penyusunan Amdal.

Disebutkan, panjang ruas Jalan Tol Demak-Tuban mencapai 180,58 kilometer. Trase tol yang melintasi Kudus panjangnya sekitar 8,3 kilometer dengan luas tapak proyek 58,2 hektare yang tersebar di 13 desa di empat kecamatan.

Baca Juga: Proyek Tol Demak - Tuban, Kudus Usulkan Perbaikan Infrastruktur Rp 125 Miliar

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X