Pasar Pekaulan Gerit di Pati, Pasar Unik Khusus Para Pemilik Nazar

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:11 WIB
Aktivitas di Pasar Pekaulan Kabupaten Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Aktivitas di Pasar Pekaulan Kabupaten Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI,suaramerdeka-muria.com – Pasar Pekaulan, yang ada di tengah Desa Gerit, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati memiliki cerita yang unik. Pasar yang juga dikenal dengan sebutan Pasar Gerit itu tak menjual kebutuhan sehari-hari seperti pasar pada umumnya.

Pedagang pasar itu hanya menjual jajanan kuno seperti Cucur dan Dawet. Yang unik lagi, pasar itu hanya buka setiap hari Senin Pahing saja. Artinya, setiap selapan atau 36 hari sekali.

Tak itu saja, atap para pedagang juga menggunakan rumbia bukan genting biasa. Penggunaan rumbia itupun diyakini lantaran genting tidak diperbolehkan orang-orang tua terdahulu. Total lapak ada sekitar 250 lapak pedagang di pasar itu.

Baca Juga: Perayaan Ambengan Bandeng, Tradisi Merawat Kebudayaan Masyarakat Pati

Meski hanya berjualan jajan, namun rupanya yang datang rupanya tak saja sebatas warga Desa Gerit saja, melainkan banyak pula yang dari luar daerah bahkan luar kota.

Kedatangan para pengunjung rupanya tak sebatas membeli jajanan, namun justru banyak yang memiliki hajat. Yakni mencari keberkahan di petilasan Mbah Duniyah, seorang waliyullah murid Sunan Muria.

Kasi Kesejahteraan Desa Gerit, Sucipto menjelaskan, Pasar Pekaulan memiliki arti pasar yang bagi pengunjung yang ingin mengeluarkan kaul atau membayar serta meneguhkan nazar.

“Di sini terkenalnya Pasar Pekaulan, karena pengunjung mengeluarkan kaul, punya nazar ke sini. Kalau pun sudah tercapai atau terkabul keinginannya maka ke pasar ini,” jelasnya.

Dikatakannya, para pengunjung akan membeli paket kembang dan midang barulah menuju tempat khusus di pojok pasar. Di tempat itu telah ada petugas yang bakal menerima kembang dan memoleskan midang ke empunya hajat.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiba-tiba Desa di Pati Ini Diterjang Banjir Bandang

Senin, 28 November 2022 | 10:16 WIB

HGN 2022, MTs Negeri 1 Pati Luncurkan Buku Karya Guru

Minggu, 27 November 2022 | 23:29 WIB
X