Perayaan Ambengan Bandeng, Tradisi Merawat Kebudayaan Masyarakat Pati

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 05:48 WIB
Ribuan warga Desa Kertomulyo tampak begitu antusias mengikuti perayaan ambengan bandeng, (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Ribuan warga Desa Kertomulyo tampak begitu antusias mengikuti perayaan ambengan bandeng, (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI,suaramerdeka-muria.com – Kertomulyo Culture Festival tahun ini digelar begitu meriah. Diantara rangkaian kegiatannya turut diadakan festival ambengan bandeng. Festival inipun memiliki arti yang begitu mendalam bagi warga Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati.

Selepas maghrib, warga setempat akan keluar memenuhi jalanan desa. Sementara dari arah tambak terlihat arak-arakan.

Arak-arakan itu dipimpin oleh seorang penari dan penabur bunga. Sementara dibelakangnya, baruno yang merupakan kesenian khas desa setempat dan menggambarkan dewa ikan.

Baca Juga: Uniknya Lamporan, Tradisi Warga Pati Cegah Pagebluk Ternak

Dibelakang baruno itu, ada para pemuda yang membawa obor. Barisan terakhir ada warga pembawa tumpeng. Uniknya tumpeng itu berisikan nasi, bandeng bakar, cambah dan sambel. Sementara ditengah ambengan atau tampah, terdapat kendil berisikan air Sendang Geneng, sumber air tawar di desa tersebut.

“Total ada seribu nampan nasi ambengan bandeng bakar yang merupakan partisipasi dari petani tambak dan sawah desa ini,” terang Mohammad Salman, LPMD Pendidikan dan Kebudayaan Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil.

Dia mengatakan, perayaan ambengan bandeng itu sebenarnya rutin digelar sejak 2015 lalu. Namun sempat meredup lantaran berbagai hal. Diantaranya munculnya pandemi Covid-19 lalu. Padahal keberadaan perayaan itu begitu penting bagi masyarakat diantaranya adalah meningkatkan keguyuban antar masyarakat.

“Perihal ritus syukuran bandeng dengan segala olahannya adalah suatu penghormatan kepada semesta karena telah memberikan berkat hasil bumi dan laut kepada masyarakat Kertomulyo,” ujarnya

Baca Juga: Sedekah Laut Juwana, antara Tradisi, Doa dan Harapan

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Santri Pati Lolos Porsadin Tingkat Nasional

Rabu, 30 November 2022 | 22:27 WIB

UMK Pati 2023 Direkomendasikan Naik, Jadi Rp 2,1 Juta

Rabu, 30 November 2022 | 07:50 WIB

Tiba-tiba Desa di Pati Ini Diterjang Banjir Bandang

Senin, 28 November 2022 | 10:16 WIB

HGN 2022, MTs Negeri 1 Pati Luncurkan Buku Karya Guru

Minggu, 27 November 2022 | 23:29 WIB
X