Coret 7 Lokasi, Rencana Proyek SIHT Kudus Mengerucut di 3 Lokasi Ini

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 07:10 WIB
Para pekerja perempuan di salah satu gudang produksi hasil tembakau di KIHT Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Para pekerja perempuan di salah satu gudang produksi hasil tembakau di KIHT Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Rencana pembangunan proyek Sentra Industri Hasil Tembakau (SIHT) di Kabupaten Kudus mengerucut di tiga calon lokasi. Salah satunya berada tak jauh dari Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, sebelumnya ada sebanyak 10 calon lokasi untuk proyek SIHT.

Namun tim penyusun studi kelayakan akhirnya merekomendasikan tiga lokasi yang dinilai paling layak untuk dibangun proyek SIHT. “Dari sepuluh lokasi ada tiga lokasi yang direkomendasikan. Selain di Kecamatan Jati, dua lokasi lainnya berada di Kecamatan Mejobo dan Kaliwungu,” kata Rini, Senin (22/8).

Baca Juga: Kudus Targetkan Bangun Sentra Industri Hasil Tembakau Tahun 2023

Studi kelayakan itu dilakukan untuk menilai sejauh mana lokasi itu layak dibangun untuk proyek SIHT. Selain akses, kata Rini, luas lahan yang tersedia harus mencukupi karena proyek SIHT diproyeksikan untuk jangka panjang.

“Kami mencari lahan dengan luas minimal satu hektare karena untuk proyeksi jangka panjang,” katanya.

Di lokasi itu nantinya akan dibangun gudang produksi untuk menampung para pengusaha rokok kecil. Penambahan SIHT ini diperlukan menyusul gudang produksi yang ada di KIHT saat ini sudah tidak mencukupi.

Banyak pengusaha rokok skala kecil yang ingin difasilitasi tempat produksi, tidak bisa tertampung. Fasilitasi gudang produksi ini sejalan dengan program pemerintah untuk menggempur peredaran rokok ilegal.

Pemkab Kudus mengalokasikan anggaran senilai Rp 18 miliar untuk pengadaan lahan SIHT. Pengadaan lahan akan menggunakan mekanisme sesuai aturan dalam PP Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X