Namanya Dicatut Parpol, 15 Warga Kudus Mengadu ke Bawaslu

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 07:55 WIB
Komisioner dan staf Bawaslu Kudus memantau laporan online aduan masyarakat, Senin (22/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Komisioner dan staf Bawaslu Kudus memantau laporan online aduan masyarakat, Senin (22/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Sebanyak 15 orang warga Kabupaten Kudus mengadu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setelah mendapati namanya tercantum sebagai pengurus dan kader Partai Politik. Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, mereka melapor ke Bawaslu setelah namanya dicatut ke dalam sistem informasi partai politik (Sipol).

Minan mengatakan, ada sebanyak 15 orang yang melapor ke Bawaslu Kudus. Para pelapor itu berasal dari sejumlah desa di Kabupaten kudus.

Dari data yang sudah masuk, latar belakang mereka bervariasi mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, guru, bahkan penyuluh Agama Islan non-PNS di Kantor Kemenag Kudus.

Baca Juga: Penasaran Terdaftar Tidaknya Sebagai Anggota Parpol? Begini Cara Mengeceknya

Aduan masyarakat tersebut mulai masuk pada tanggal 17 Agustus lalu. Hingga Senin (22/8), total Bawaslu telah menerima aduan sebanyak 15 warga di Kabupaten Kudus.

“Mereka merasa tidak pernah menjadi pengurus parpol tertentu, tetapi di Sipol nama mereka ada. Atas dasar itu mereka kemudian melapor ke Bawaslu kudus,” kata Minan, Senin (22/8).

Minan mencontohkan, ada pelapor yang merasa namanya dicatut oleh salah satu partai politik. Nama pelapor itu kemudian dimasukkan menjadi pengurus DPC dengan posisi wakil ketua. Padahal dari klarifikasi di Bawaslu, mereka merasa selama ini tidak diberi tahu.

Mereka pun tidak merasa memberi persetujuan namanya dicantumkan sebagai pengurus atau kader parpol tersebut.

“Ada juga yang merasa keberatan namanya masuk menjadi anggota parpol tertentu. Secara umum mereka tidak pernah dikonfirmasi atau memberikan persetujuan menjadi kader maupun pengurus parpol,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X