Hadiri Festival Sorgum di Kudus, KSP Moeldoko Puji Kreasi Siswa SMK PGRI 2 Kudus

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:41 WIB
KSP Moeldoko berbincang dengan para pelajar SMK PGRI 2 Kudus pada Festival Sorgum yang digelar sekolah binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Jumat (12/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
KSP Moeldoko berbincang dengan para pelajar SMK PGRI 2 Kudus pada Festival Sorgum yang digelar sekolah binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Jumat (12/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yakin sorgum memiliki potensi besar sebagai alternatif pengganti gandum.

Keyakinan ini diungkapkan Moeldoko usai melihat langsung praktik pengolahan sorgum menjadi sajian kuliner yang dilakukan oleh para siswa jurusan tata boga SMK PGRI 2 Kudus, Jumat (12/8).

Selain mencicipi berbagai carian kuliner bebahan dasar sorgum, mantan Panglima TNI itu juga sempat memasak bersama para siswa.

Baca Juga: Sorgum Jawaban Krisis Pangan Global, KSP Moeldoko Sebut Daerah Ini Cocok untuk Budidaya

Moeldoko menikmati berbagai sajian sorgum tersebut yang disajikan ala fine dining oleh para pelajar. Ia pun memuji kompetensi para siswa dan guru di SMK PGRI 2 Kudus yang dinilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

“Saya mengapresiasi bahwa adik-adik kita para pelajar di SMK PGRI 2 Kudus ini memiliki kreatifitas dan kompetensi yang luar biasa di bidang kuliner. Mereka sudah lebih dulu melihat potensi dan mau mengeksplorasi sorgum untuk diolah menjadi berbagai macam sajian yang menurut saya rasanya enak dan punya nilai jual,” katanya.

Kreativitas tersebut, kata dia, patut menjadi contoh, khususnya untuk sekolah-sekolah yang memiliki jurusan yang sama dan bahkan juga para pelaku usaha kuliner lainnya. “Jadi, ayo makan sorgum,” tutur Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, sebenarnya di masyarakat Jawa sorgum sudah lama dikenal sebagai bahan pangan utama. Hal itu dibuktikan dengan adanya ukiran sorgum pada relief Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Sorgum bukan barang asing di Indonesia. Orang Jawa Timur kan menyebutnya cantel. Sorgum juga terukir di relief Candi Borobudur. Jadi memang sudah lama kita sudah mengenal cantel atau sorgum ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X