Revitalisasi Taman Menara Kudus Dianggarkan Rp 800 Juta, Pangkalan Ojek Wisata Direlokasi

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:40 WIB
Taman menara Kudus yang berada tak jauh dari Kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus. (foto : suaramuria.com/Saiful Annas)
Taman menara Kudus yang berada tak jauh dari Kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus. (foto : suaramuria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemkab Kudus berencana merevitalisasi Taman Menara Kudus, akhir tahun ini. Bupati Kudus Hartopo mengatakan, Pemkab Kudus telah mengusulan alokasi anggaran sebesar Rp 800 juta pada Perubahan APBD 2022 yang akan segera dibahas DPRD Kudus.

Jika proyek itu jadi dikerjakan, keberadaan pangkalan ojek wisata Menara Kudus bakal digusur. “Untuk ojek rencananya akan direlokasi. Kami carikan tempat lain yang tidak jauh dari situ,” katanya, Kamis (11/8).

Lokasi Taman Menara Kudus berada tak jauh dari kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus. Lokasinya berada di pinggir jalan Sunan Kudus tepat di sebelah barat Kelenteng Hok Ling Bio. Taman Menara sebelumnya pernah direvitalisasi tahun 2015, pada era Bupati Musthofa.

Baca Juga: Menara Kudus, Bukan Merudhandha Agung

Saat itu Pemkab Kudus menghabiskan anggaran senilai Rp 3 miliar. Hasilnya selain taman, Pemkab juga membangun deretan kios di bagian barat dan utara taman. Taman itu kini juga menjadi pangkalan ojek wisata.

Hartopo menambahkan, revitalisasi Taman Menara Kudus itu dimaksudkan untuk mengembalikan ruang publik. Pemkab Kudus berharap kawasan tersebut bisa menjadi kawasan budaya, yang nantinya akan ada pertunjukan kesenian tampil di sana.

Revitalisasi Taman Menara itu belakangan dikaitkan dengan upaya mengembalikan (revitalisasi) Taman Menara Kudus sebagai alun-alun kota Lama Menara Kudus. Sejumlah kalangan meyakini jika Taman Menara itu merupakan alun-alun lama.

Hanya saja, pandangan Taman Menara Kudus sebagai alun-alun kota lama Menara Kudus perlu dipahami secara hati-hati. Sejarawan Kudus Edy Supratno mengatakan, kegiatan pembangunan memang sah-sah saja dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Namun jika proyek itu dikaitkan dengan revitalisasi alun-alun lama, sejauh ini belum ada referensi kuat yang merujuk Taman Menara Kudus saat ini adalah alun-alun kota lama Menara Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X