Abadikan Rekam Jejak, Bawaslu Kudus Luncurkan Buku Sejarah pengawas Pemilu

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:52 WIB
Peluncuran buku Sejarah Pengawas Pemilu di Kabupaten kudus, Kamis (4/8). (suaramerdeka-muria.com/dok)
Peluncuran buku Sejarah Pengawas Pemilu di Kabupaten kudus, Kamis (4/8). (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS, suaramerdeka-muria.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kudus mengabadikan rekam jejak pengawas Pemilu dalam buku Sejarah Pengawas Pemilu di Kabupaten kudus. Buku yang diluncurkan, Kamis (4/8) itu merekam jejak pengawas Pemilu sejak tahun 2004 - 2023.

Peluncuran buku kedua yang diterbitkan Bawaslu Kudus ini ditandai bedah buku yang dihadiri akademisi sekaligus pelaku sejarah Pengawas Pemilu Saekhan Muchith dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus Saiful Annas.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan menuturkan, butuh kerja keras dalam pengumpulan data buku setebal 190 halaman itu. Pasalnya, banyak anggota Pengawas Pemilu sejak tahun 2004 yang kini sudah tidak bertugas dan berdomisili di Kudus.

Baca Juga: Bawaslu Jepara Launching Film Dunduman dan Bedah Buku Historia Pengawas Pemilu di Kota Ukir

Selain itu minimnya data dan dokumentasi juga menjadi kendala tersendiri. "Pada awal era Pengawas Pemilu 2004 data yang terdokumentasi sangat minim. Kami berterima kasih kepada semua Pengawas Pemilu yang sudah membantu memberikan data maupun keterangan, serta dukungan dalam penyusunan buku ini," katanya.

Minan menambahkan, buku karya Bawaslu Kudus itu sebagai upaya mendokumentasikan perjalanan dalam melakukan pengawas Pemilu dari tahun 2004-2023.

"Mudah-mudahan, buku ini juga bisa menambah literasi masyarakat di Kabupaten Kudus," ujarnya.

Sementara itu M Saekhan Muchith berharap hadirnya buku berjudul "Sejarah Pengawas Pemilu di Kudus 2004-2023" bisa memberikan informasi terhadap masyarakat, terutama terkait tugas pengawasan selama Pemilu.

"Tentunya buku tersebut juga untuk menambah literasi dan kajian ilmiah karena ada datanya. Meskipun ada kelemahannya tentu ada hal-hal yang bisa dianalisis dan dikembangkan sehingga nantinya menjadi lebih lengkap lagi," ujarnya.

Ketua PWI Kudus Saiful Annas menambahkan buku karya anggota Bawaslu Kudus itu tentunya bisa menambah referensi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar pengawasan pemilu, termasuk data-data yang disajikan di dalamnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X