Pilkades Serentak Rembang, 103 Orang Mendaftar Sebagai Balon Kades

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:41 WIB
Ilustrasi | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa di Kabupaten Cianjur diramaikan dengan gugatan dari calon kades yang kalah. (Ayobandung.com)
Ilustrasi | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa di Kabupaten Cianjur diramaikan dengan gugatan dari calon kades yang kalah. (Ayobandung.com)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Sebanyak 103 orang mendaftar sebagai bakal calon (balon) kepala desa (kades) di 42 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Rembang 2 Oktober 2022.

Pendaftaran balon kades untuk Pilkades serentak sendiri sudah ditutup 31 Juli kemarin.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang, Nurwanto mengatakan dengan 103 pendaftar itu, 42 desa yang melaksanakan Pilkades serentak Kabupaten Rembang telah memenuhi syarat.

Yaitu, setiap desa memiliki minimal dua balon kades.

''Dari 42 desa tidak ada yang pendaftar balon kades kurang dari dua orang. Justru di Desa Mojowarno Kecamatan Kaliori pendaftar berjumlah lima orang,'' kata dia.

Dia menjelaskan karena 42 desa telah memenuhi syarat balon kades, panitia akan melanjutkan tahapan penelitian kelengkapan keabsahan administrasi dari tiap-tiap pendaftar.

Baca Juga: Maling Embat 9 KWH Meter Lampu Jalan, Bupati Rembang Curiga Motifnya, Dinas Diperintah Lapor Polisi

Baca Juga: Kontingen Indonesia Selangkah Lagi Juara Umum Asean Para Games (APG) 2022

“Setelah penutupan tanggal 31 Juli, tahapannya penelitian kelengkapan keabsahan administrasi dari tiap-tiap pendaftar. Waktunya 20 hari sampai 27 Agustus 2022. Setelah 27 Agustus, ada alokasi 7 hari balon kades untuk memperbaiki kelengkapan berkas apabila kurang lengkap,'' jelas dia.

Dia menerangkan setelah berkas dinyatakan valid dan lengkap, panitia selanjutnya akan menetapkan balon kades menjadi calon kades beserta pengundian nomor urut dilaksanakan.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diburu Warga, STB Langka. Harganya Juga Melejit

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:46 WIB

Apindo Siap Gugat Usulan UMK Kabupaten Rembang 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:39 WIB

Pemerintah Daerah Diminta Tidak Buat Pabrik Gula

Rabu, 30 November 2022 | 14:48 WIB
X