Warga Menawan Protes Tanahnya Dicaplok Proyek Pamsimas Desa

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Rapat audiensi membahas dugaan pencaplokan lahan warga untuk proyek Pamsimas Desa Menawan di DPRD Kudus, Selasa (2/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Rapat audiensi membahas dugaan pencaplokan lahan warga untuk proyek Pamsimas Desa Menawan di DPRD Kudus, Selasa (2/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Warga Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus protes setelah tanahnya diduga dicaplok Pemdes Menawan untuk proyek Pamsimas.

Didampingi kuasa hukum dan warga RW 6 Kambangan, keluarga Sariban, selaku pemilik tanah mendatangi kantor DPRD Kudus, Selasa (2/8). Mereka ditemui Ketua DPRD Kudus Masan dan pimpinan DPRD lainnya.

Hadir pula pada audiensi itu Kades Menawan Tri Lestari dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono.

Baca Juga: Janda Tua di Kudus Digugat Rp 1 Miliar Gara-gara Sertifikat Tanah, Begini Kronologisnya

Dugaan pencaplokan lahan di lereng gunung itu bermula ketika Pemdes Menawan menerima hibah tanah dari komunitas air. Luas tanah yang dihibahkan itu diklaim mencapai 1.803 meter persegi.

Pemdes Menawan kemudian membangun instalasi pipa air Pamsimas dari sumber mata air di tempat itu. Belakangan diketahui, sumber air itu berada di lahan milik keluarga Sariban.

Kuasa hukum Sariban, Yusuf Istanto mengatakan, dugaan pencaplokan lahan itu dikuatkan dengan hasil pengukuran ulang bersama petugas BPN. Pasca pengukuran, pihaknya juga telah memasang patok batas tanah. Satu dari tiga sumber air untuk proyek Pamsimas berada di lahan milik kliennya.

"Pemasangam patok itu sesuai saran dari BPN. Saat pengukuran juga disaksikan oleh perangkat desa dan warga pemilik lahan lainnya yang berbatasan," katanya.

Namun, hasil pengukuran tanah itu belakangan ditolak Kades Menawan Tri Lestari. Ia bersikukuh pada dokumen C desa.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X