Seniman Butuh Panggung, Pelestarian Kesenian Tradisional Tak Cukup Hanya Regulasi Saja

- Senin, 1 Agustus 2022 | 21:30 WIB
Dialog kebudayaan pelestarian kesenian tradisional yang digelar di Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Senin (1/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Dialog kebudayaan pelestarian kesenian tradisional yang digelar di Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Senin (1/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pelestarian kesenian tradisional tak cukup hanya dengan payung hukum kebijakan Pemerintah. Paritisipasi aktif masyarakat baik sebagai pelaku seni mau pun “penanggap” menjadi kunci penting pelestarian seni tradisi.

Hal itu mengerucut pada dialog kebudayaan pagelaran seni Barongan di Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Senin (1/8).

Anggota DPRD Jawa Tengah M Nur Khabsyin yang hadir sebagai salah satu pembicara mendorong masyarakat di Kabupaten Kudus memberikan kesempatan terhadap pelaku kesenian tradisional pentas di berbagai acara hajatan agar tidak punah.

Baca Juga: Ada Kebo 'Bule' Ikut Kirab Buka Luwur Makam Sunan Kudus

“Dengan adanya kesempatan tampil di berbagai acara, mulai dari acara kebudayaan, ulang tahun desa maupun kabupaten diharapkan bisa menumbuhkan motivasi generasi muda untuk ikut memiliki kesenian tradisional di daerahnya itu,” kata Khabsyin.

Khabsyin menambahkan, Seni Barongan Kudus saat ini mulai diisi generasi muda. Hal ini seiring banyaknya kesempatan tampil di berbagai acara. Hal itu tentunya memotivasi anak-anak muda untuk menekuni kesenian tradisional itu.

Dengan mendapatkan kesempatan tampil, kata dia, pelaku kesenian tradisional juga merasa mendapatkan apresiasi dan semangat. “Kami juga berharap, Pemkab Kudus ikut membina kelompok kesenian tradisional yang ada agar tidak punah karena tantangan saat ini semakin berat,” katanya.

Hadir sebagai pembicara pada dialog budaya itu Pengamat Budaya Edy Supratno dan pelaku Seni Barongan Kudus Achmadi. 

Baca Juga: Komisi E DPRD Jateng: Nguri-nguri Seni Tradisional Harus Dilakukan Semua Pihak

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X