Penghapusan Guru Honorer Ganggu KBM, PGRI Kudus Usulkan Tambahan Kuota PPPK

- Kamis, 28 Juli 2022 | 21:50 WIB
Bupati Kudus Hartopo memberikan sambutan pada kegiatan Konferensi Kerja PGRI Kabupaten Kudus, Kamis (28/7). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Bupati Kudus Hartopo memberikan sambutan pada kegiatan Konferensi Kerja PGRI Kabupaten Kudus, Kamis (28/7). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comPGRI Kabupaten Kudus mengusulkan tambahan kuota guru PPPK seiring rencana penghapusan guru honorer. Kebijakan Pemerintah yang menghapus tenaga honorer termasuk guru honorer dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Jika tidak ada guru honorer, beban mengajar guru yang lain akan bertambah.

Hal itu diungkapkan Ketua PGRI Kudus Ahadi Setiawan pada Konferensi Kerja PGRI Kabupaten Kudus, Kamis (28/7). Hadir pada konferensi Kerja itu Bupati Kudus HM Hartopo dan jajaran pimpinan PGRI Jawa Tengah.

Baca Juga: Ada Rencana Penghapusan, Tenaga Honorer di Rembang Resah

Ahadi mengatakan, beban guru yang berstatus pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPK) akan meningkat jika semua guru honorer ditiadakan. Terlebih Kabupaten Kudus saat ini masih kekurangan tenaga pendidik.

“Jika sekolah tidak boleh merekrut guru honorer, kami khawatir beban kerja guru PPPK akan bertambah. Mereka harus mengajar 40 jam hingga 50 jam setiap pekan. Ini jelas tidak mungkin dan akan berdampak pada kegiatan KBM,” katanya.

Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, pemerintah akan menghapus status tenaga honorer di lingkungan pemerintahan.

Melalui kebijakan itu, nantinya status ASN di Indonesia hanya aka nada PNS dan PPPK. Guru honorer yang ingin menjadi PPPK atau pun PNS harus mengikuti seleksi.

Baca Juga: Aplikasi TB Antarkan Siswa PGRI Kayen Raih Medali Internasional

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X