Menparekraf Dorong Santri Jadi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- Kamis, 28 Juli 2022 | 16:10 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Kuliah Umum dan Sharing Session, “Peningkatan Kemampuan Entrepreneur Santri di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’’ di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara, Selasa malam.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Kuliah Umum dan Sharing Session, “Peningkatan Kemampuan Entrepreneur Santri di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’’ di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara, Selasa malam.

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong santri menjadi "New Content Creator" yang dapat menghasilkan karya dan produk kreatif digital. Santri harus masuk ke dalam ekosistem digital dan mengedepankan produk-produk kreatif.

“Saya berharap santri menjadi konten kreator yang berkualitas dan kompetitif agar mampu turut serta berperan aktif dalam ekosistem digital," kata Menparekraf saat menyampaikan Kuliah Umum dan Sharing Session,’’Peningkatan Kemampuan Entrepreneur Santri di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’’ di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara, Selasa malam.

Kegiatan diikuti perwakilan santri dari Kudus,Jepara, dan Demak. Hadir dalam acara tersebut Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sekertaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang KH M Ma'mun Abdlullah Hadziq, serta sejumlah Kepala Perangakat Daerah.

 Baca Juga: Ponpes Balekambang Tuan Rumah Munas Mahasiswa Politeknik se-Indonesia

Sandiaga Uno menambahkan, seorang santri harus menjadi generasi yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam menghadapi perekonomian pascapandemi Covid19.

Diungkapkannya, dalam menghadapi era industri 5.0 yang serba digital, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompetitif dan kompeten. “Saatnya santri mengambil peluang untuk menjadi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Sandiaga menerangkan, seorang sukses juga harus memiliki prinsip ‘’empat as’’. Yakni, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Ia juga memotivasi para santri untuk berani mengambil resiko dalam memulai wirausahanya. Mengingat saat memulai usaha tak ada kesuksesan yang diawali tanpa adanya kegagalan.

Menteri memberi apresiasi santri Ponpes Balekambang yang membuat mobil listrik. Karya kreatif ini harus terus dikembangkan, sehingga mampu menjadi alat transportasi di lingkugan pesantren.

Secara umum, Menteri terus mendorong kalangan pesantren yang juga sudah memiliki pendidikan vokasi seperti Politeknik, SMK Pesantren, akan semakin terasah dan kreativitasnya terus bertambah. Dia pun menawari dan siap diajak kerja sama dengan pesatren.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Jepara Serahkan SK Pensiun kepada 33 ASN

Selasa, 4 Oktober 2022 | 06:58 WIB

Hasil Verval, Anggota Pramuka Jepara Hampir 65 ribu

Jumat, 30 September 2022 | 14:23 WIB

Cegah Anemia, Jepara Ajak Siswa Minum Tablet Tambah Darah

Selasa, 20 September 2022 | 17:27 WIB

Ribuan Nelayan di Jepara Terima Pas Kecil, Ini Manfaatnya

Selasa, 20 September 2022 | 06:48 WIB

Aliansi Mahasiswa Jepara Demo, Ini Tuntutannya

Rabu, 14 September 2022 | 17:21 WIB
X