Banyak LPJU di Kudus Padam, DPRD Geram Penanganan Lamban

- Senin, 18 Juli 2022 | 18:16 WIB
Lampu penerangan jalan umum yang padam di wilayah Kota Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Lampu penerangan jalan umum yang padam di wilayah Kota Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Banyaknya lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kabupaten Kudus yang padam menjadi sorotan DPRD Kudus. Anggota Komisi C DPRD Kudus Dedhy Prayogo menyayangkan banyaknya LPJU di Kudus yang padam tak segera tertangani.

Tak hanya wilayah pinggiran, lampu jalan di wilayah perkotaan juga banyak yang padam. “LPJU yang banyak padam ini dari saya perhatikan sudah berlangsung lama. Tetapi respons dari dinas terkait sepertinya lamban,” katanya.

Wakil rakyat dari Partai Golkar ini mencontohkan, LPJU yang padam antara lain di ruas jalan lingkar, ruas Kudus – Jepara, Kudus – Colo, dan Kudus – Rahtawu.

Baca Juga: Pemkab Kudus Nunggak Listrik LPJU Rp 166 Juta, Pantas Banyak yang Padam

“Saya pribadi sudah berkali-kali melayangkan komplain ke Dinas PKPLH, tetapi sampai sekarang banyak yang belum tertangani,” katanya.

Dedhy mengatakan, persoalan ini harus segera tertangani. Selain rawan memicu kecelakaan lalu-lintas, jalan yang gelap juga memicu potensi tindak criminal. “Harus segera diatasi. Jika memang ada kerusakan instalasi, harus segera diperbaiki,” katanya.

LPJU ini, kata Dedhy, merupakan hak warga yang telah membayar pajak penerangan jalan. Anggaran untuk pembayaran rekening listrik penerangan jalan umum juga sudah dialokasikan setiap tahun.

“Persoalannya dimana dinas terkait harus jelas. Apakah karena tidak ada tenaganya, anggaran perawatan yang minim, atau anggaran pembayaran rekening listrik yang habis, harus ada keterangan jelas, sekaligus bagaimana langkah solusinya,” katanya.

Dedhy menambahkan, Komisi C sudah berkali-kali menegur kepala Dinas PKPLH dalam rakor. Namun respons dinas tersebut diakuinya sangat lamban. Momentum pergantian kepala Dinas PKPLH, kata dia, diharapkan membawa perubahan layanan masyarakat tersebut.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X