Disidang Terkait Aduan Pelanggaran Tatib, Anggota Fraksi Gerindra Sebut Alasan Sikap Politik

- Jumat, 8 Juli 2022 | 21:55 WIB
Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistyo Utomo dan tiga anggota Fraksi Partai Gerindra memberikan keterangan pers usai menjalani sidang di BK DPRD Kudus, Jumat (8/7). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistyo Utomo dan tiga anggota Fraksi Partai Gerindra memberikan keterangan pers usai menjalani sidang di BK DPRD Kudus, Jumat (8/7). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comBadan Kehormatan (BK) DPRD Kudus memanggil empat anggota Fraksi Partai Gerindra terkait aduan pelanggaran tata tertib DPRD, Jumat (8/7).

Sidang BK yang dipimpin langsung oleh Ketua BK DPRD Kudus Peter M Faruq itu digelar setelah pekan lalu pihak pengadu Mohammad Asnawi juga dipanggil untuk didengar keterangannya.

Empat anggota Fraksi Partai Gerindra yang dipanggil yakni Wakil Ketua DPRD Kudus yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Sulistyo Utomo, dan tiga anggota lainnya yakni Sandung Hidayat, Zaenal Arifin dan Abdul Basyidh Shidqul Wafa.

Baca Juga: Tolak Beri Rekomendasi, KPU Kudus Nilai Alasan PAW Anggota Fraksi Gerindra Tak Jelas

Usai diklarifikasi di sidang BK, Sulistyo Utomo mengatakan, ada alasan kuat mengapa anggota Fraksi Gerindra absen pada September – Oktober lalu. Saat itu DPRD Kudus membahas Perubahan APBD 2021.

Fraksi Gerindra sepakat tidak ikut membahas Perubahan APBD karena sudah lewat waktunya. Keputusan itu juga mendapat dukungan dari dua Wakil Ketua DPRD Kudus Tri Erna Sulistyowati dan Ilwani (sebelum diganti Mukhasiron).

“Ini sebagai sikap politik kami atas penolakan pembahasan Perubahan APBD yang sudah lewat waktunya. Sebab menurut kami itu melanggar aturan yang ada. Buktinya Perubahan APBD yang dibahas anggota lainnya itu juga ditolak oleh Pemprov jateng,” katanya.

Sulis menambahkan, selain sikap politik yang disampaikan itu, masing-masing anggota Fraksi Partai Gerindra yang dipanggil BK juga memberikan alasan tambahannya masing-masing. Sanding Hidayat misalnya, absen pada periode itu karena terkena Covid-19.

“Semua keterangan sudah kami berikan. Termasuk alasan kami. Sebagai anggota DPRD yang baik kami hadir pada sidang BK ini. BK juga telah melaksanakan tugas sesuai tupoksinya,” ujar Sulis.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X