Benteng Peninggalan Belanda Ini akan Disulap Jadi Ikon Wisata Menarik

- Senin, 27 Juni 2022 | 06:30 WIB
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama sejumlah pejabat mengunjungi  Benteng Fort Japara, satu kompleks  dengan Taman Makam Pahlawan. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama sejumlah pejabat mengunjungi Benteng Fort Japara, satu kompleks dengan Taman Makam Pahlawan. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Ada dua benteng di Kabupaten Jepara, peninggalan Belanda dan Portugis.  Kedua benteng tersebut adalah Benteng Fort Japara XVI  peninggalan serdudu Belanda, satu kawasan kompleks dengan Taman Makam Pahlawan.

Lokasinya di Utara Alun Alun Kota Jepara. Sedangkan Benteng Portugis terletak tepi Pantai di Desa Ujung Watu, Kecamatan Donorojo, kira kira 50 KM arah Timur Laut dari pusat kota.

Direncanakan, Benteng Fort akan dipercantik dengan sarana dan prasarana yang memadai. "Benteng Fort Japara akan kita jadikan ikon wisata yang menarik dan unik," ujar Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat mengunjungi Benteng Fort Japara XVI, Sabtu lalu.

Baca Juga: Desa Wisata Janggalan Punya Klinik Kecantikan di Gedung Peninggalan Belanda

Dia didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Ary Bachtiar, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Farikhah Elida.

Secara umum, Benteng Fort Japara termasuk Benda Cagar Budaya (BCB). Bangunan tersebut dalam kondisi yang relatif baik.

Di bagian depan dihiasi dengan taman dan tempat bersantai bagi para pengunjung. Pintu utama benteng dibuat sedemikian rupa dengan kondisi aslinya. Nuansa khas benteng Belanda begitu terasa pada pintu masuk.

Pada bagian dalam terdapat bermacam jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk menjadikan suasana lebih nyaman.

Edy Supriyanta berharap, bangunan  dengan luas 1,69 hektare itu tidak hanya dikenal sebagai Taman Makam Pahlawan (TMP) para pejuang di Jepara. Tetapi menjadi lokasi wisata bersejarah dan edukasi yang representatif. Tidak menutup kemungkinan, lokasi tersebut juga didirikan warung kuliner.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pameran Krenova, Meriahkan Peringatan Hakteknas Ke-27

Selasa, 22 November 2022 | 11:36 WIB

HAB ke-77 Kementerian Agama Dimeriahkan Banyak Kegiatan

Selasa, 22 November 2022 | 06:17 WIB

Ketua DPRD Hibahkan Ambulans Untuk Pelayanan Gratis

Senin, 21 November 2022 | 16:57 WIB

Tekan Inflasi, Pemkab Jepara Gelar Bazar Pangan Murah

Jumat, 18 November 2022 | 14:30 WIB

Pesantren Balekambang Helat Halaqah Fiqih Peradaban

Selasa, 15 November 2022 | 06:30 WIB
X