Tolak Beri Rekomendasi, KPU Kudus Nilai Alasan PAW Anggota Fraksi Gerindra Tak Jelas

- Jumat, 24 Juni 2022 | 22:55 WIB
Ketua KPU Kudus Naily Syarifah. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Ketua KPU Kudus Naily Syarifah. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suarmerdeka-muria.com – Harapan Partai Gerindra yang ingin mengganti salah satu anggota fraksinya di DPRD Kabupaten Kudus, Nurhudi, urung terlaksana.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus mengembalikan surat permohonan rekomendasi pergantian antarwaktu (PAW) Fraksi Gerindra yang dikrimkan pimpinan DPRD Kudus.

Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah mengatakan, pihaknya mengembalikan surat tersebut ke DPRD Kudus karena tidak sesuai ketentuan.

Baca Juga: Di PAW Partai Gerindra, Nur Hudi Melawan Bantah Teken Surat Pengunduran Diri

Pihaknya menilai surat usulan rekomendasi PAW itu tidak sesuai Peraturan KPU nomor 6/2019 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 6/2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

“Di dalam pasal 5 dijelaskan bawah anggota DPRD kabupaten berhenti antarwaktu karena meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan,” katanya, Jumat (24/6).

Sementara dalam surat dari DPRD Kudus hanya meminta nama calon pengganti antarwaktu atas nama Nurhudi, tanpa menjelaskan yang bersangkutan mengundurkan diri atau karena apa.

“Seharusnya surat disertai lampiran atau surat keterangan yang sesuai dengan keadaan. Seperti surat keterangan mengundurkan diri bagi anggota dewan yang mundur atau surat keterangan meninggal dunia bagi anggota dewan yang meninggal,” katanyaa.

Dalam surat tersebut, diakui, memang ada lampiran surat DPC Partai Gerindra Kudus terkait permohonan PAW kepada DPRD Kudus. Namun surat itu tidak secara tegas mencantumkan keterangan alasan pergantian apakah karena mundur, diberhentikan, atau meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proses PAW Lanjut, Nurhudi Gugat DPRD dan KPU ke PTUN

Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:43 WIB
X