Launching Pendaftaran Bakal Caleg, PKB Targetkan 10 Kursi di DPRD Kabupaten Jepara

- Rabu, 22 Juni 2022 | 06:27 WIB
Ketua DPC PKB Jepara KH Nuruddin Amin menerima pendaftaran bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 pada halal bihalal dan launching pendaftaran Caleg. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Ketua DPC PKB Jepara KH Nuruddin Amin menerima pendaftaran bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 pada halal bihalal dan launching pendaftaran Caleg. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai 14 Juni lalu. DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) langsung tancap gas. PKB Jepara berani pasang target meraih 10 kursi di DPRD Kabupaten Jepara.

"Kami punya pijakan kuat, untuk manargetkan 10 kursi. Karena, sudah pernah meraih 9 kursi pada pemilu 2004 dari lima daerah pemilihan. Setelah mengalami penurunan, akhirnya ada tren naik, sehingga Pemilu 2019 lalu meraih 6 kursi,’’ kata Ketua DPC PKB Kabupaten Jepara KH Nuruddin, Selasa (21/6).

Wakil Ketua DPRD Jepara yang akrab disapa Gus Nung itu mengemukakan, faktor menurunnya PKB pada Pemilu 2009, parena ada perpecahan yang puncaknya dengan lahirnya lahirnya PKNU. Perpecahan, itu membawa dampak turunnya kursi PKB tinggal empat kursi.

Baca Juga: Fraksi PKB DPRD Rembang Wacanakan Bantuan Operasional Pesantren

"Tapi alhamdulillah konsolidasi terus bisa dilakukan, sehingga pada Pemilu 2014 naik jadi lima kursi dan 2019 naik lagi enam kursi. Dan semoga, harapan meraih dua puluh persen kursi Dewan, menjadi kenyataan,’’ ujar Gus Nung.

Saat ini, bisa dikatakan konsolidasi warga PKB yg merupakan wadah. Gus Nung menuturkan, PKB Jepara sudah ngantongi Caleg caleg Potensial di semua Dapil, sehingga kami berani mentargetkan di lima Dapil masing masing dapat dua kursi.

Kondisi ini juga didukung oleh target perolehan kursi untuk DPRD propinsi naik jadi tiga kursi dan DPR RI naik jadi dua kursi.

Ia berharap Caleg potensial di tingkat propinsi dan nasional itu, dapat bersinergi atau istilahnya "tandem" dengan Caleg DPRD Jepara, sehingga perolehan suara PKB di tingkat Kabupaten meningkat dengan target 10 kursi.

"PKB bakal membangun Koalisi mengusung Presiden dan Wakil Presiden. Apakah Presidennya dari PKB atau WaPres nya yg dari PKB, nanti bergantung kepada kesepakatan di Koalisi Partai. Akan tetapi, konstelasi politik semacam ini akan mampu mendongkrak suara PKB di tingkat Kabupaten dengan target 10 kursi," paparnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepara Usulkan UMK 2023 Rp 2.272.626,63

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:37 WIB
X