4 Anggota Fraksi Gerindra Diadukan ke BK, Salah Satunya Wakil Ketua DPRD Kudus, Ini Pemicunya

- Selasa, 21 Juni 2022 | 16:13 WIB
Mohammad Asnawi saat memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (21/6). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Mohammad Asnawi saat memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (21/6). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Empat anggota DPRD Kudus dari Fraksi Gerindra Kabupaten Kudus dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) karena diduga sering bolos agenda rapat legislatif.

Dari empat anggota DPRD Kudus yang diadukan, ada nama Wakil Ketua DPRD Kudus yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kudus Sulistyo Utomo.

Sulistyo diadukan ke BK bersama tiga anggota fraksi Partai Gerindra lainnya yakni Sandung Hidayat, Abd Basith Sidqul Wafa, dan Zaenal Arifin.

Baca Juga: Di PAW Partai Gerindra, Nur Hudi Melawan Bantah Teken Surat Pengunduran Diri

Keempat anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kudus diadukan Mohammad Asnawi ke BK DPRD Kudus, Jumat 17 Juni lalu.

“Benar saya telah mengadukan empat anggota Fraksi Partai Gerindra ke BK karena diduga telah melanggar Peraturan DPRD Kudus Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Kudus,” katanya, Selasa (21/6).

Asnawi menatakan, keempat wakil rakyat yang ia adukan diduga sering bolos rapat resmi DPRD Kudus. Dalam surat aduan yang ia kirimkan ke pimpinan DPRD Kudus, keempat wakil rakyat itu telah bolos rapat hingga enam kali berturut-turut. Bahkan dalam datanya, ada yang lebih dari enam kali berturut-turut.

“Mereka bolos mengikuti rapat secara berturut di bulan September sampai Oktober 2021, sehingga melanggar ketentuan Pasal 193 ayat (2) huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Pasal 134 ayaat (3), huruf d Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus,” katanya.

Ia mendesak BK DPRD Kudus segera menindaklanjuti aduannya tersebut. Menurut dia, pelanggaran yang telah dilakukan keempat wakil rakyat itu sangat serius. Terlebih sanksi pelanggaran ketentuan itu berupa pemberhentian sebagai anggota DPRD Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proses PAW Lanjut, Nurhudi Gugat DPRD dan KPU ke PTUN

Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:43 WIB
X