Ruangan Terbatas, Peneliti Sebut Banyak Koleksi Museum Purbakala Patiayam Disimpan Tak Layak

- Jumat, 17 Juni 2022 | 21:15 WIB
Seminar hasil kajian koleksi museum situs purbakala Patiayam bekerjasama tim BPSMP Sangiran, Jumat (17/6). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Seminar hasil kajian koleksi museum situs purbakala Patiayam bekerjasama tim BPSMP Sangiran, Jumat (17/6). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Minimnya ruangan di Museum Purbakala Patiayam Kudus membuat banyak koleksi fosil hewan purba yang disimpan di tempat tidak layak. Hal ini menjadi sorotan para arkeolog.

Kepala BPSMP Sangiran Iskandar Mulia Siregar mengatakan, temuan fragmen fosil hewan purba di Patiayam sangat luar biasa banyaknya. Karena temuannya adalah potongan atau fragmen, butuh tempat khusus dalam proses pemeliharaannya.

“Sayangnya Museum Patiayam saat ini ruangannya masih terbatas. Sehingga ada yang kurang pas dalam penyimpanan karena keterbatasan ruang ini,” katanya.

Baca Juga: Anggarkan Rp 2 Miliar, Kudus Bangun Gedung Kembar Museum Patiayam

Ia mengatakan, masih ada koleksi museum yang hanya disimpan di lantai. Kondisi ini membuat peneliti kesulitan saat butuh kajian lanjutan.

“Banyak kejadian karena kekurang telitian fragmen fossil itu akhirnya diletakkan kurang pas. Saat butuh kajian lanjutan harus nyari lagi, bercampur lagi,” katanya.

Karena itu, Iskandar menyambut positif rencana Pemkab Kudus yang akan membangun gedung baru Museum Purbakala Patiayam. Ia berharap bangunan baru nantinya bisa menampung dan menyimpan koleksi museum yang lebih layak.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disdubpar) Kabupaten Kudus Mutrikah mengakui, bangunan gedung yang ada saat ini kurang representatif. Terlebih semakin banyaknya temuan fragmen fosil baru yang membutuhkan tempat penyimpanan yang layak.

“Banyak pihak yang prihatin dengan kondisi Museum Purbakala Patiayam. Bahkan Bu Mawar Hartopo menangis karena prihatin saat berkunjung ke Museum Patiayam. Karena itu lah tahun ini disetujui anggaran pembangunan gedung kembar senilai Rp 2 miliar,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proses PAW Lanjut, Nurhudi Gugat DPRD dan KPU ke PTUN

Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:43 WIB
X