Bawaslu Jepara Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

- Minggu, 12 Juni 2022 | 16:48 WIB
Komisioner Badan Pengawas Pemilu Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jepara mengikuti peluncuran pendaftaran pemantau Pemilu 2024 se-Indonesia melalui daring, Jumat (10/6). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Komisioner Badan Pengawas Pemilu Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jepara mengikuti peluncuran pendaftaran pemantau Pemilu 2024 se-Indonesia melalui daring, Jumat (10/6). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Badan Pengawas Pemilu Pemilihan Umum (Bawaslu) RI melaunching Pendaftaran dan Peluncuran serentak Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024, Jumat (10/6). Peluncuran ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Ri Rahmat Bagja di Kantor Bawaslu RI dan diikuti oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se- Indonesia melalui Daring. 

Rahmat Bagja Mengatakan selain menerima pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, seperti namanya, Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 juga akan menjadi sarana yang melayani pemantau Pemilu 2024 dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, terutama yang berhubungan dengan Bawaslu seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Kami menyediakan meja pelayanan untuk konsultasi dan pendaftaran  pemantau pemilu, diharapkan segera melakukan pendaftaran,” kata Bagja.

Baca Juga: Bawaslu Jepara Dorong Keterlibatan Perempuan

Ia mengatakan sesuai dengan perintah perundang-undangan bahwa pendaftaran Pemantau Pemilu Tahun 2024 kepada Bawaslu. Dengan adanya meja bantuan hukum Pemantau pemilih pendaftar dapat dengan muda mendapatkan layanan pendaftaran.

Ia mengucapkan selamat datang bagi calon pendaftar pemantau pemilu di seluruh Indonesia. Menurutnya tahapan pemilu tinggal sebentar lagi, bawaslu akan melakukan pencegahan dan pengawasan jalannya tahapan seperti pendaftaran partai politik sehingga diharapkan pemantau pemilu juga ikut mengawasi. 

Pada peluncuran ini  organisasi Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) melakukan pendaftaran. Ia merupakan pendaftar pertama pasca Bawaslu RI meluncurkan meja bantuan Pemantau Pemilu. Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Ulum (KPU) telah mengumumkan tahapan Pemilu 2024 dimulai 14 Juni, atau 20 bulan sebelum pelaksanaan Pemilu.

Pemungutan suara pada 14 Februari 2024, untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, serta Presiden RI dan Wakil Presiden RI. Pemungutan suara untuk Pemilihan Kepala Daerah –Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota—dilaksanakan 27 November 2024.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, didampingi empat komisioner lainnya, mengatakan dengan di launching Meja Pendaftaran Pemantau Pemilu oleh Bawaslu RI hari ini, maka secara resmi pendaftaran pemantau Pemilu dinyatakan dimulai. Sehingga mulai hari 10 Juni 2022 Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota membuka pendaftaran pemantau Pemilu. 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

Pemkab Jepara Sampaikan Rancangan KUA PPAS Tahun 2023

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:10 WIB

Kamis Pagi, 526 Jemaah Haji Kabupaten Syukuran

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:05 WIB

Mengadu ke DPD RI, Non ASN Berharap Diangkat PPPK

Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:21 WIB

32 Calon Paskibraka Digembleng di Pantai Teluk Awur

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:11 WIB

Jepara Waspadai Cacar Monyet

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:13 WIB
X