Pekan Depan Terbang, Masih Menjalani Manasik

- Selasa, 24 Mei 2022 | 23:05 WIB
Jemaah calon haji mengikuti Pembukaan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 1443 H/2022 M di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jepara, Senin (23/5) lalu. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Jemaah calon haji mengikuti Pembukaan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 1443 H/2022 M di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jepara, Senin (23/5) lalu. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Jadwal kegiatan jemaah calon haji Kabupaten Jepara sangat padat dalam sepuluh hari terakrir ini. Sebab, 4 Juni mendatang mereka sudah dijadwalkan terbang ke Tanah Suci, namun pada pekan ini masih menjalani bimbingan manasik haji.

Sesuai jadwal, calon jemaah haji mengikuti bimbingan manasik yang diselenggarakan Kantor kemenag setempat, mulai 23 sampai 29 Mei mendatang.

‘’Memang sangat merepotkan, karena kegiatan sangat padat. Kami harus masih riwa riwi ikut bimbingan manasik haji, mengurus koper, juga mengadakan tasyakuran selamat dengan tetangga,’’ ujar calon haji asal Bandungharjo, Kecamatan Donorojo, Badruzaman, seusai mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan di Lapangan Kelet, Keling, sebelah barat RS Rehatta, Selasa (24/5).

Baca Juga: Mulai Manasik, Seluruh Jemaah Haji Diimbau Jaga Kesehatan

Jemaah yang tergabung di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU Kabupaten Jepara itu menuturkan, para jemaah sudah mengumpulkan koper 31 Mei. Sesuai jadwal dari Kankemenag, bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten dibuka, Senin (23/5).

Mulai Selasa (24/5) sampai Jumat (27/5), bimbingan tingkat kecamatan. Pada hari terakhir, ada praktik manasik haji.  Dan 29 Mei,  Penutupan bimbingan tingkat kabupaten. Sekaligus praktik manasik haji yang dipusatkan di Masjid Agung Baitul Makmur Jepara.

Badruzzaman mengatakan, sesuai informasi yang diterima dari KBIH NU, jemaah sudah berangkat, 2 Juni menjelang tengah malam sudah tiba di Pendapa Kabupaten.

Jemaah dijadwalkan menuju Asrama Haji Donohudan ,Boyolali, dini hari 3 Juni. Setelah transit sehari, dijadwalkan terbang ke Madinah, 4 Juni pagi.

Untuk jemaah haji Gelombang I, melaksanakan ibadah arba’in (shalat fardlu lima waktu berjamaah selama 8 hari) di Masjid Nabawi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ayah Bejat di Jepara Rudapaksa Anak Tiri

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:54 WIB

Laksanakan Umrah Wajib, Jemaah Jepara menuju Mekah

Selasa, 14 Juni 2022 | 08:24 WIB

Bantuan Zakat Produktif Angkat Ekonomi Warga

Kamis, 9 Juni 2022 | 15:57 WIB
X