Mulai Manasik, Seluruh Jemaah Haji Diimbau Jaga Kesehatan

- Selasa, 24 Mei 2022 | 18:58 WIB
Calon jemaah haji mengikuti Pembukaan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 1443 H/2022 M di Gedung Haji Jepara, Senin (23/5). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Calon jemaah haji mengikuti Pembukaan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 1443 H/2022 M di Gedung Haji Jepara, Senin (23/5). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Seluruh jemaah haji yang sudah masuk daftar siap diberangkatkan, dalam keadaan sehat. Mereka diimbau agar menjaga kebugaran dalam rentang waktu menunggu pemberangkatan, yang dijadwalkan 4 Juni mendatang.

"Waktu sudah dekat, tinggal sepuluh hari lagi. Sekarang ini masih disibukkan dengan bimbingan manasik hingga 29 Juni nanti. Kami harapkan, benar benar menjaga kesehatan. Bahkan, banyak yang belum syukuran dengan tetangga sekitar. Makanya, habis ini langsung syukuran, karena waktunya sudah mepet’’ ujar Kepala Kantor Kemenag Muh Habib, pada pembukaan  Pembukaan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 1443 H/2022 M di Gedung Haji Jepara, Senin (23/5).

Kegiatan yang dibuka Staf Ahli Bupati Ratib Zaini, Kegiatan diikuti lebih dari lima ratus calon haji dari seluruh 16 Kecamatan di Kabupaten Jepara. Para jemaah mendapatkan penjelasan Kebijakan Pemerintah Indonesia tentang Ibadah Haji dan Umrah yang disampaikan Kakanmenag. Juga, Kebijakan Pelayanan Kesehatan Haji, yang disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dr Eko Cahyo Puspeno.

Baca Juga: Kemenag Jepara Pastikan 522 Jamaah Haji Siap Diberangkatkan

Muh Habib yang didampingi Kasubag TU Kankemenag Akhsan Muhyidin dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Hastuti Harijati menjelaskan, data terbaru  hingga Senin (23/5), ada  535 calon jemaah haji siap diberangkatkan 4 Juni mendatang.

Jemaah Jepara dan Eks Karesidenan Pati masuk Gelombang I paling awal.

Jemaah Jepara tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 2 (gabung dengan Pati), Kloter 3 (utuh), dan kloter 4,gabungan . Kloter 1, jemaah Pati.  Jemaah Jepara akan diberangkatkan dari Pendapa Jepara 2 Juni malam/3 Juni dini hari.

Untuk kegiatan bimbingan manasik haji, setelah pembukaan tingkat kabupaten, akan dilanjutkan bimbingan tingkat kecamatan, mulai Selasa (24/5), sampai Jumat (27/5). Dan manasik penutupan tingkat Kabupate, Minggu (29/5), kegiatan dipusatkan di Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, Jalan Kartini, dan  Alun Alun.

Vaksin Lengkap dan PCR
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKK Jepara, dokter Eko Cahyo Puspeno, menjelaskan, calon jamaah haji itu sudah memenuhi dua dari tiga syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saud. Yaitu sudah vaksinasi covid-19 lengkap dan vaksinasi meningitis. Sedangkan, syarat tes PCR masih menunggu H-3 pemberangkatan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Uji Coba ETLE di Jepara, Ini Hasilnya

Senin, 16 Januari 2023 | 18:58 WIB
X