Insenerator Rusak, RSUD Kudus Harus Bayar Mahal Musnahkan Limbah Medis

- Rabu, 18 Mei 2022 | 23:35 WIB
Komisi D DPRD Kudus mengecek insenerator milik RSUD Kudus yang rusak, Rabu (18/5). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Komisi D DPRD Kudus mengecek insenerator milik RSUD Kudus yang rusak, Rabu (18/5). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comKomisi D DPRD Kudus menyoroti kondisi insenerator RSUD dr Loekmonohadi yang rusak parah. Mesin pembakar sampah medis RSUD Kudus itu kini tidak terpakai sejak dua tahun terakhir.

Karena kerusakan alat ini, RSUD Kudus harus mengeluarkan biaya besar untuk menangani limbah medis. Sebab, rumah sakit pelat merah itu harus bergantung dengan pihak ketiga.

Ketua Komisi D DPRD Kudus Ali Ihsan mengatakan, keberadaan insenerator itu diperlukan untuk mengurangi sampah medis agar tidak terbuang sembarangan.

Baca Juga: Tekan Angka Stunting, RSUD Kudus Siapkan Poliklinik Tumbuh Kembang Anak

Lokasi insinerator tersebut berada di bagian belakang ruang pemulasaraan jenazah. Kondisi mesinya tidak beroperasi. Komisi D mendesak agar insinerator tersebut bisa berfungsi kembali.

Ali menambahkan, jika memang dibutuhkan anggaran perawatan atau pengadaan baru, pihak RSUD bisa mengajukan anggaran.

Wakil rakyat dari PKB itu menambahkan, keberadaan mesin pembakarn limbah tersebut tidak melanggar Peraturan daerah Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus tahun 2022-2042. Sebab di dalam aturan yang sahkan yang tidak diperbolehkan adalah proses pengolahan limbah B3.

“Jika diaktifkan ini tidak melanggar Perda RTRW yang disahkan. Hanya saja ketika nanti aktif lagi harus sesuai standar, jangan sampai warga sekitar protes lagi karena asap dari insenerator,” ujarnya.

Sebelumnya, warga Desa Ploso pernah memprotes pembakaran sampah medis yang dilakukan oleh RSUD dr Loekmonohadi Kudus. Pembakaran sampah medis itu diduga menyebakan polusi udara.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Rokok Kecil di Kudus Dibantu Dua Mesin

Sabtu, 18 Juni 2022 | 04:01 WIB

Crazy Rich Kudus Bangunkan Jembatan untuk Warga

Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
X