Ada Warga Lansia Tinggal Sendiri di Gubuk Berdinding Benner, Kades Setrokalangan Angkat Bicara

- Rabu, 18 Mei 2022 | 06:25 WIB
Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus di depan gubuk yang ditinggali selama dua tahun terakhir ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus di depan gubuk yang ditinggali selama dua tahun terakhir ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com –  Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus yang sudah berusia lanjut tinggal di sebuah gubuk tak layak.

Lelaki berusia 67 tahun itu tinggal seorang diri di sebuah gubuk berukuran 1,5 meter x 2 meter.

Kondisi itu dibenarkan Kades Setrokalangan Didik Handono. Ia mengamini adanya persoalan Mbah Amir dengan putranya. Dirinya bersama perangkat desa sebenarnya telah berupaya memediasinya.

Baca Juga: Potret Mbah Amir, Tinggal Sendiri Digubuk Berdinding Banner

“Namun selalu ditolak anaknya karena dianggap mencampuri urusan keluarga mereka. Ini yang menyulitkan,”terangnya.

Didik juga menyebut, Mbah Amir juga diberikan bantuan. Termasuk memberikan bantuan langsung tunai dana desa (Blt DD). Bantuan itu diterima setiap bulan sebesar Rp 300 ribu. Pihaknya juga telah mengusulkan untuk menerima progam keluarga harapan (PKH) meski masih menunggu hingga saat ini.

“Selepas kecelakaan untuk kartu tanda penduduk (KTP) telah dibantu dibuatkan kadus. Sekarang telah dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tinggal menunggu. Karena untuk yang memutuskan siapa yang mendapat dari kementrian,”ujarnya.

Begitu pula upaya untuk memasukkan Mbah Amir dalam progam rumah tak layak huni (RTLH) juga telah dilakukan. Namun terkendala status tanah yang merupakan milik desa bukan milik Mbah Amir.

“Sebenarnya Mbah Amir masih punya sedikit lahan di samping rumahnya yang ditempati anaknya. Tapi anaknya tidak menyetujui,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Rokok Kecil di Kudus Dibantu Dua Mesin

Sabtu, 18 Juni 2022 | 04:01 WIB

Crazy Rich Kudus Bangunkan Jembatan untuk Warga

Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
X