Potret Mbah Amir, Tinggal Sendiri Digubuk Berdinding Banner

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:35 WIB
Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus di depan gubuk yang ditinggali selama dua tahun terakhir ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus di depan gubuk yang ditinggali selama dua tahun terakhir ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Masa senja Mbah Amir, warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus harus dilalui dengan penuh keprihatinan. Lelaki berusia 67 tahun itu tinggal seorang diri di sebuah gubuk berukuran 1,5 meter x 2 meter.

Bangunan itu dibuat ala kadarnya dari bambu dengan dinding banner yang biasa digunakan untuk spanduk. Sementara atapnya terbuat dari asbes. Gubuk itu hanya terdapat satu ruangan, yakni tempat tidur saja.

Didalamnya juga terdapat banyak bekakas seperti botol bekas maupun gallon berisi air.

Baca Juga: Keluarga Tinggal di Rumah “Gubuk” Tak Dapat Program Bedah Rumah

Rupanya gubuk itu juga tak berdiri di tanah milik Mbah Amir, melainkan di tanah milik desa. Beruntung di sebelahnya terdapat tempat mandi cuci kakus (MCK) umum sehingga bisa digunakan oleh kakek renta tersebut. Dia sudah dua tahun menempati gubuk tersebut.

Kondisi Mbah Amir sendiri kurang begitu baik. Dia mengalami luka pada kakinya. Untuk berjalan dia bahkan harus menggunakan alat bantu (Kruk Crutches) di tangan kanan dan kirinya. Dia juga tampak tertatih saat harus masuk ke dalam gubuknya.

Mbah Amir sendiri sebenarnya memiliki keluarga. Seorang istri dan tiga orang anak. Anaknya bahkan ada yang tinggal satu desa dengan Mbah Amir. Namun lantaran permasalahan di masa lalu, putranya itu enggan merawat bapaknya. Sementara istri dan seorang anaknya telah meninggal dunia.

“Sebelum ini saya memang mbecak (penarik becak,Red). Selama bertahun-tahun saya narik dan tinggal diatas becak itu. Jadi memang tidak tinggal bersama keluarga. Saya hidup berpindah-pindah tempat mangkal dan tidurnya ya di becak itu,”ujarnya kepada awak media.

Diduga karena latar belakang itulah yang memunculkan persoalan dengan anaknya hingga tak mau merawatnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Rokok Kecil di Kudus Dibantu Dua Mesin

Sabtu, 18 Juni 2022 | 04:01 WIB

Crazy Rich Kudus Bangunkan Jembatan untuk Warga

Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
X