Halalbihalal Kemenag Rembang Menguatkan Tradisi Moderasi Beragama

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:53 WIB
Halalbihalal Kemenag Rembang, Sabtu (14/5/2022). (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)
Halalbihalal Kemenag Rembang, Sabtu (14/5/2022). (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang menggelar halalbihalal Sabtu (14/5/2022) di Gedung Hijau kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang.

Halalbihalal itu dihadiri Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama (Menag) Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’, Kepala Kemenag M Fatah beserta jajaran, para penyuluh agama dan Kepala serta penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Rembang.


Dalam sambutannya, Stafsus Menag Wibowo Prasetyo mengatakan halalbihalal dapat mengeratkan kohesi sosial dan memperkuat moderasi agama.

Baca Juga: BKKBN Serahkan Bantuan Bedah Pawon Waras Bangkle dan Tinjau KB MOW RSUD Blora

"Buah dari halalbihalal salah satunya adalah berkembangnya pemahaman keagamaan yang moderat di Indonesia. Halalbihalal adalah tradisi yang memperkuat moderasi," kata dia.


Dia menambahkan penguatan moderasi beragama memiliki setidaknya empat faktor. Yaitu anti-kekerasan, komitmen kebangsaan, toleransi, dan ramah tradisi.

Baca Juga: Mengenal Olahraga Xiangqi, Vovinam dan Kurash : Dipertandingkan di SEA Games 2022, Ganjar Tertarik Catur Gajah


"Halalbihalal adalah salah satu tradisi khas Indonesia yang harus diuri-uri, dilestarikan. Halalbihalal ini adalah wajah kita, Indonesia. Tidak ada sekat dalam halalbihalal, semua pemeluk agama saling maaf memaafkan tanpa melihat status atau agama seseorang. Makanya Lebaran juga untuk semua, " tegas dia.

Baca Juga: Hasil Sepak Bola SEA Games 2022 : Singapura Tahan Imbang Malaysia, Laga Kerap Ricuh, Begini Klasemen Usai Laga

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Rembang Diguncang Gempa 2,8 SR

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:54 WIB
X