Antisispasi Penyakit Mulut dan Kuku Ternak, Dispertan Pati Siapkan Tim Respon Cepat

- Jumat, 13 Mei 2022 | 20:26 WIB
Anggota Polres Pati saat memberikan sosialisasi terkait penyakit PMK di sejumlah peternak sapi di Kecamatan Margorejo kemarin. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Anggota Polres Pati saat memberikan sosialisasi terkait penyakit PMK di sejumlah peternak sapi di Kecamatan Margorejo kemarin. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati memastikan belum ada temuan ataupun laporan yang mengarah adanya penyakit mulut dan Kuku (PMK) di ternak yang ada di Pati.

Meski begitu sebagai upaya antisipasi, Dispertan kini telah membentuk tim respon cepat pengendalian dan penanggulangan PMK.

Baca Juga: Peternak di Kudus Diimbau Tak Beli Hewan Ternak dari Jawa Timur

Kabid Peternakan pada Dispertan Andi Hirawadi mengatakan, tim tersebut terdiri dari dokter hewan, paramedic, maupun inseminator.

Dengan keberadaan tim tersebut diharapkan bisa merespon cepat bilamana terdapat indikasi munculnya kasus.

“Saat ini kami juga secara rutin melakukan pemeriksaan dan pemantauan kesehatan hewan khususnya di pasar. Apalagi pasar hewan menjadi entry poin daerah penularan sehingga harus dipantau secara maksimal,” terangnya.

Baca Juga: Usai Lebaran, Sejumlah Pejabat Polres Rembang Diganti, Siapa Saja?

Dalam upaya pemantauan itu, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) terkait lalu lintas ternak yang masuk ke pasar hewan.

Dispertan juga telah memberikan imbauan untuk peternak maupun pedagang agar selektif dalam memilih ternak dan memastikan agar hewan yang dibeli benar-benar sehat.

“Kami juga mengimbau agar menghindari pembelian ternak di pasar yang terdapat kasus positif PMK,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aklamasi, Gus Syafiq Jadi Nahkoda Ansor Pati

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:17 WIB
X