Berpotensi Ganggu Wisata dan irigasi, Warga Minta Eceng Gondok di Bendungan Logung Dibersihkan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 07:35 WIB
Perahu wisata yang beroperasi di kawasan Bendungan Logung Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Perahu wisata yang beroperasi di kawasan Bendungan Logung Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Tanaman eceng gondok menjadi ancaman serius Embung Logung. Warga Desa Tanjungrejo, Kabupaten Kudus meminta pihak terkait untuk melakukan pembersihan Bendungan Logung dari tumbuhan gulma enceng gondok untuk menghindari sedimentasi.

Kepala Desa Tanjungrejo Christian Rahadiyanto mengatakan, dengan adanya sedimentasi yang cukup tinggi, tentunya warga menghkhawatirkan limpasan air dari bendungan berkurang.

“Petani di Desa Tanjungrejo mulaai mendapat manfaat dari air bendung Logung untuk irigasi tanaman padi. Dengan mulai munculnya tanaman eceng gondok ditambah sedimentasi di waduk Logung, kami khawatir ke depan pasokan air untuk irigasi terganggu,” katanya, Rabu (11/5).

Baca Juga: Resmikan Bendungan Randugunting Blora, Presiden Jokowi Naik Perahu Naga

Karena itu, warga mendesak pihak terkait untuk melakukan pembersihan. Christian menambahkan, warga berencana melakukan aksi bersih-bersih bendungan. Pihaknya menggaandeng kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan melakukan aksi bersih-bersih bendungan.

Christian juga berencana mengajak pemilik tempat usaha di sekitar bendungan untuk bergotong-royong membersihkan eceng gondok. Sebab areal bendungan tidak hanya masuk wilayah Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo saja, melainkan sebagian masuk wilayah Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe.

“Selain mengkhawatirkan terjadinya dampak pada pasokan irigasi, tentunya daya tarik wisata di Bendungan Logung ketika banyak tanaman enceng gondok juga menjadi kurang menarik,” ujarnya.

Christian berharap tanaman eceng gondok bisa segera diatasi agar tidak seperti di areal Rawa Pening.

“Di Rawa Pening untuk pembersihan eceng gondok bisa menelan anggaran besar mencapai miliaran rupiah. Itu pun  belum bisa maksimal. Mumpung di Logung belum seperti disana, maka perlu segera ditangani,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Rokok Kecil di Kudus Dibantu Dua Mesin

Sabtu, 18 Juni 2022 | 04:01 WIB

Crazy Rich Kudus Bangunkan Jembatan untuk Warga

Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
X