Tak Punya Anggaran Perawatan, Tiga OPD Minta Dana Bencana Perbaiki Fasilitas Umum

- Rabu, 11 Mei 2022 | 07:35 WIB
Lampu tenaga surya di kompleks Sport Center Kudus yang membutuhkan perbaikan karena rusak akibat hujan deras disertai angin kencang. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Lampu tenaga surya di kompleks Sport Center Kudus yang membutuhkan perbaikan karena rusak akibat hujan deras disertai angin kencang. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Tiga Organisasasi Perangkat Daerah (OPD) atau kantor dinas di lingkungan Pemkab Kudus mengajukan anggaran dana tak terduga (TT) untuk memperbaiki infrastruktur atau fasilitas umum yang rusak.

Pemkab Kudus tahun ini mengalokasikan dana TT sebesar Rp 11 miliar. Dana TT dicadangkan untuk keperluan perbaikan infrastruktur akibat bencana alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19.

Ketiga OPD yang mengusulkan dana TT yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Perdagangan, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Mereka mengusulkan dana TT karena tak memiliki anggaran perawatan.

Baca Juga: Banyak Sekolah di Kudus Rusak, Ilwani : Gunakan Saja Dana TT

Plt Kepala Disbudpar Mutrikah mengatakan, pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk memperbaiki kerusakan bangunan akibat hujan deras disertai angin kencang awal April lalu.

“Kami tidak memiliki anggaran untuk perbaikan. Disisi lain sejumlah fasum seperti di Taman Krida, terminal wisata Colo dan sejumlah titik lainnya rusak parah akibat angin kencang,” katanya.

Dinas Perdagangan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 juta untuk perbaikan Pasar Kliwon Kudus. “Atap Pasar Kliwon mengalami kerusakan akibat angin kencang,” kata Kabid Pengelolaan Pada Dinas Perdagangan Albertus Harys Yunanto.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga pada Disdikpora Minan Mochamad mengusulkan anggaran dana TT sebesar Rp 200 juta. Anggaran sebesar itu untuk memperbaiki kawasan Sport Center dan Stadion Wergu Wetan yang rusak akibat angin kencang, awal April lalu.

Total kerugian akibat kejadian hujan deras disertai angin kencang itu mencapai Rp 200,892 juta.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Rokok Kecil di Kudus Dibantu Dua Mesin

Sabtu, 18 Juni 2022 | 04:01 WIB

Crazy Rich Kudus Bangunkan Jembatan untuk Warga

Kamis, 16 Juni 2022 | 23:57 WIB
X