Siap-Siap.! Dukuh Sumber Gelar Tradisi Bulusan Tahun Ini

- Selasa, 19 April 2022 | 20:06 WIB
Anak-anak sedang melihat Bulus di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Selasa (19/4). (suaramerdeka-muria.com/Ahmad Abdul Aziz A)
Anak-anak sedang melihat Bulus di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Selasa (19/4). (suaramerdeka-muria.com/Ahmad Abdul Aziz A)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Setelah dua tahun absen akibat pandemi Covd-19, tradisi Bulusan di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus akan kembali digelar tahun ini.

Kepala Dukuh Sumber Fatoni mengatakan, tradisi Bulusan sudah dua tahun tidak digelar untuk umum. Selama dua tahun sebelumnya, tradisi ini hanya dilaksanakan secara terbatas.

"Tidak ada acara apa-apa selama dua tahun terakhir. Rencananya tradisi Bulusan tahun ini akan diadakan lagi, " katanya Selasa (19/4).

Baca Juga: Tradisi Dandangan dan Jamasan Pusaka Sunan Kudus Resmi Jadi Warisan Budaya

Meski digelar untuk umum, panitia akan menerapkan sejumlah batasan bagi pengunjung. Batasan ini untuk memastikan prtokol kesehatan tetap dilaksanakan selama tradisi berlangsung.

Tradisi Bulusan akan dilaksanakan pada hari ke tujuh setelah Lebaran. Rencananya, kata dia, akan dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2022. Sebelum pandemi Covid-19, Tradisi Bulusan dimeriahkan pasar malam.

Ratusan lapak pedagang berdiri mulai pinggir Jalur Pantura menuju Makam Mbah Dudo, cikal bakal Dukuh Sumber.

Puncak acara tradisi bulusan ditandai kirab menuju makam Mbah Dudo. Namun, tahun ini iring-iringan kirab hanya akan membawa satu gunungan saja.

Kepala Desa Hadipolo Sulaeman Slamet mengaku belum menerima tembusan informasi dari pihak Dukuh Sumber terkait akan digelarnya tradisi Bulusan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Bulan Dana PMI Kudus Capai Rp 925,6 Juta

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:46 WIB

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X