Catat! Mulai 30 April Tidak Ada Lagi TV Analog di Rembang, 24.848 Warga Dapat Jatah STB

- Senin, 18 April 2022 | 16:37 WIB
Siaran salah satu chanel TV digital. Daftar desa di Kabupaten Pati yang mendapat bantuan set top box (STB) TV digital gratis tahap pertama silahkan dicek. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Siaran salah satu chanel TV digital. Daftar desa di Kabupaten Pati yang mendapat bantuan set top box (STB) TV digital gratis tahap pertama silahkan dicek. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkeminfo) akan mengalihkan siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) dalam jadwal III tahap.

Melalui Permenkominfo nomor 11 tahun 2021, diatur jadwal pelaksanaan ASO, tahap pertama 30 April 2022, tahap 2 pada 25 Agustus 2022 dan tahap 3 di 2 November 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo mengatakan, Rembang bersama 12 kabupaten/kota lainnya di Jateng masuk di tahap 1 penghentian program siaran TV analog.

Baca Juga: Terancam Tergusur Tol Demak-Tuban, Ini Harga Tanah di Perumahan Puri Rembang

Artinya mulai tanggal tersebut masyarakat di wilayah kabupaten Rembang sudah tidak bisa menikmati tayangan di televisi analog

Salah satu persiapan program migrasi ke TV Digital yakni pemberian alat bantu penerimaan siaran TV digital atau Set-Top-Box (STB) kepada rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sesuai pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2021, penyedia dan distribusi STB dilakukan oleh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) penyelenggara multipleksing dan dari Pemerintah (APBN).

Baca Juga: Tol Demak-Tuban : Rute di Rembang Berpotensi Berubah, Perumahan Puri Terancam Gusur

Prapto menambahkan distribusi bantuan STB dikirim melalui PT Pos Indonesia dan ditarget selesai pada 30 April besok.

Nantinya STB itu langsung dikirim petugas PT Pos Indonesia kepada sasaran langsung by name by address.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X