Gerakan Bulan Sedekah Untuk Kurangi Angka Kemiskinan

- Sabtu, 16 April 2022 | 10:15 WIB
ilustrasi sedekah subuh di bulan Ramadhan (Madrosah Sunnah via unsplash.com)
ilustrasi sedekah subuh di bulan Ramadhan (Madrosah Sunnah via unsplash.com)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com - Dalam rangka meningkatkan pengumpulan perolehan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara pada bulan Ramadan ini mengadakan program bulan sedekah.

Program yang dilaksankan 5-25 April ini diharapkan mampu mengurangi kemiskinan di Kabupaten Jepara.


Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih mengatakan, program ini juga diharapkan mampu memupuk rasa gotong royong serta memberdayakan masyarakat desa.


''Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya infaq dan sedekah di kalangan masyarakat dan mengikis kesenjangan antara si miskin dan si kaya pada setiap desa agar terjalin hubungan yang harmonis,'' ungkap Sholih.


Sasaran dari bulan sedekah Baznas Kabupaten Jepara adalah para aghniya (orang kaya) dan bersifat sukarela.

Ia juga menegaskan, bahwa para penerima bantuan langsung tunai (BLT) bukan merupakan sasaran program ini, karena termasuk warga miskin.


''Mensikapi fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini, bahwa para penerima BLT mengambil kupon bulan sedekah, disini kami tegaskan bahwa penerima BLT adalah kalangan warga miskin sehingga bukan menjadi sasaran bulan sedekah,'' tegasnya.


Pemanfaatan dari hasil gerakan bulan sedekah Baznas Kabupaten Jepara ini akan digunakan untuk usaha produktif di masyarakat.

''Kami berharap program yang berlasung ini dapat berjalan dengan maksud dan tujuan program ini,'' ungkapnya. 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pensiun, Jangan Lupa Bahagia

Sabtu, 2 Juli 2022 | 08:40 WIB
X