Tradisi Dandangan dan Jamasan Pusaka Sunan Kudus Resmi Jadi Warisan Budaya

- Sabtu, 16 April 2022 | 06:35 WIB
Jamasan pusaka keris Kiai Cinthaka, pusaka peninggalan Sunan Kudus di kompleks Makam Sunan Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Jamasan pusaka keris Kiai Cinthaka, pusaka peninggalan Sunan Kudus di kompleks Makam Sunan Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Dua tradisi peninggalan Sunan Kudus ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Dua tradisi itu takni tradisi tahunan Dandangan dan ritual jamasan pusaka keris Cinthaka.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah mengatakan, penetapan dua tradisi itu sebagai warisan budaya tak benda itu sebenarnya sudah dilakukan akhir 2021 lalu.

Namun, pihaknya baru menerima dan kemudian menyerahkan sertifikat penetapan itu ke Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK), awal pekan ini.

BACA JUGA : Menara Kudus, Bukan Merudhandha Agung

“Ya penetapannya sudah akhir 2021 lalu, tapi baru ini sertifikat penetapannya kami serahkan ke pengurus YM3SK,” kata Mutrikah, Jumat (15/4).

Disebutkan, warisan budaya tak benda merupakan keseluruhan peninggalan kebudayaan yang memiliki nilai penting sejarah, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Warisan budaya ini dimiliki bersama oleh suatu komunitas atau masyarakat dan mengalami perkembangan dari generasi ke generasi, dalam alur suatu tradisi.

“Tahun 2021, Kemendikbud Ristek RI telah menetapkan sebanyak 52 WBTB usulan dari 14 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Kudus mendapatkan 2 sertifikat penetapan yakni upacara adat tradisi Dandangan Kudus dan jamasan Pusaka Keris Cinthaka,” katanya.

Penyerahan sertifikat WBTB itu menjadi bentuk apresiasi kepada yayasan yang telah membantu Pemerintah dalam memelihara serta melestarikan warisan budaya leluhur di Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X