Banyak Perawat Digaji Rendah, PPNI Jateng Minta Pemerintah Daerah Pikirkan Nasib Perawat Honorer

- Kamis, 17 Maret 2022 | 14:41 WIB
Bupati Kudus Hartopo membuka Musda X PPNI Kabupaten Kudus usai peresmian gedung Kudus Nursing Center, Kamis (17/3). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Bupati Kudus Hartopo membuka Musda X PPNI Kabupaten Kudus usai peresmian gedung Kudus Nursing Center, Kamis (17/3). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah mendorong pemerintah daerah untuk memikirkan nasib-nasib perawat berstatus honorer di wilayahnya.

Hal itu diungkapkan Ketua PPNI Jawa Tengah Kurnia Yuliastuti pada peresmian gedung Kudus Nursing Center (KNC), Kamis (17/3).

PPNI Jateng mencatat, masih ada sekitar sepuluh persen perawat di Jateng yang kini masih berstatus perawat honorer.

BACA JUGA : Legislator DPR RI Edy Wuriyanto: PPNI Harus Perjuangkan Nasib Ribuan Perawat Honorer

“Kami mencatat ada sekitar 8.300 perawat dari 84 ribu perawat di Jateng yang masih berstatus sebagai tenaga honorer, ini agaknya bisa diperhatikan oleh masing-masing pemerintah daerah,” katanya.

Ia menambahkan, pengurus PPNI di Jawa Tengah banyak menerima keluhan para perawat yang bekerja dan dibayar jauh dibawah Upah Minimum Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong kepada pemerintah dan stakeholder lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan perawat yang gajinya masih belum layak, masih di bawah Upah Minimum Kabupaten/Kota.

“Ini sejalan dengan isu yang berkembang di Jawa Tengah dan Nasional bahwa sudah saatnya perawat memperoleh kesejahteraan yang lebih baik mengingat perawat sudah menjadi bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari tugas kemanusiaan di negeri ini dalam melawan covid-19,” katanya.

BACA JUGA : PPNI Jepara Gotong Royong Bangun Gedung JNC Senilai Rp 4 Miliar

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X