10 Puskesmas di Blora Layani Pengobatan Penderita HIV, Catat : Obat dan Pelayanan Gratis

- Rabu, 2 Maret 2022 | 07:36 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Blora dan puskesmas foto bersama usai menggelar VCT Mobile kepada kelompok rentan untuk mendeteksi penyakit HIV/AIDS pada Februari 2022. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Petugas Dinas Kesehatan Blora dan puskesmas foto bersama usai menggelar VCT Mobile kepada kelompok rentan untuk mendeteksi penyakit HIV/AIDS pada Februari 2022. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka-muria.com- Sebanyak 10 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Blora kini sudah bisa melayani pengobatan warga yang menderita penyakit HIV (human immunodeficiency virus).

Ke-10 puskesmas itu adalah Puskesmas Japah, Tunjungan, Ngawen, Doplang, Menden, Jiken dan Puskesmas Sambong.

‘’Di 10 puskesmas itu sudah ada petugas pelayanan pengobatan termasuk konseling bagi penderita HIV,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., M.H melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Sutik, S.Kep., MM, Rabu 2 Maret 2022.

Baca Juga: Ditemukan 17 Penderita Baru HIV AIDS di Blora, Sebagian Besar PSK di Tempat Ini

Bagi yang dinyatakan positif HIV, Sutik meminta mereka melakukan pengobatan rutin dengan mengonsumsi obat antiretroviral (ARV).

Obat yang diberikan gratis tersebut bisa diperoleh di puskesmas maupun di rumah sakit.

Sutik menjelaskan, HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

Baca Juga: Istimewa! Bukan Bandung Apalagi Depok, Justru 12 Kabupaten di Jabar Ini Kali Pertama Resmi Nikmati TV Digital

AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Blora Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Jumat, 25 November 2022 | 08:21 WIB

Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Bidan

Senin, 21 November 2022 | 16:27 WIB
X