Meninggal, Sesepuh Sedulur Sikep Mbah Wargono Dimakamkan di Dalam Rumahnya

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:54 WIB
Makam sesepuh Sedulur Sikep Mbah Wargono yang berada di ruang tamu rumahnya. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Makam sesepuh Sedulur Sikep Mbah Wargono yang berada di ruang tamu rumahnya. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Warga Sedulur Sikep berduka. Seorang sesepuhnya yakni Wargono meninggal dunia sekitar pukul 15.00 WIB pada Jumat (25/2).

Sosok yang karib disapa Mbah Gono ini kemudian dimakamkan di dalam rumahnya sendiri di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Kudus.

Kabar duka itupun dirasakan oleh banyak orang. Mulai dari keluarga Sedulur Sikep, para aktivis, hingga pejabat tampak mendatangi rumah duka untuk menyampaikan belasungkawanya. Jenazah kemudian dikebumikan di dalam rumahnya sendiri.

BACA JUGA : Andalkan Tradisi Sedulur Sikep Samin, Desa Wisata Sambongrejo Blora Dilaunching

Oleh keluarga, perihal pemakaman di dalam rumahnya itu diakui sebagai wasiat terakhir dari Mbah Wargono. Kepada anakknya dia ingin saat salin Sandhangan (meninggal dunia,Red) ingin dimakamkan di rumah miliknya.

“Kebetulan punya enam anak dan sudah memiliki rumah sendiri-sendiri. Mbah Gono ingin rumah ini untuk kepentingan siapa saja. Tidak hanya untuk sedulur sikep tapi juga jujukan orang lain. Apalagi dulunya Mbah Gono juga sering dikunjungi baik menteri, bupati, hingga gubernur,”terang Gunretno, putra tertua dari Mbah Gono.

Dia pun mengucapkan rasa syukurnya kepada semua pihak lantaran wasiat bapaknya untuk dimakamkan di dalam rumah akhirnya dapat terwujud. Meski begitu diapun mengingatkan jika itu hanyalah wasiat. Sehingga tidak untuk ditiru bagi warga Sedulur Sikep maupun warga lain.

“Mbah Gono sudah berproses. Ngencengi laku ora luntur. Sikepe Mbah Gono iku sikep sing gelem nompo perkembangan masalah,”terangnya.

Dari laku itu, Mbah Gono pun seringkali dijadikan rujukan untuk pertimbangan maupun konsultasi bagi para sedulur sikep maupun lainnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X