10 Desa di Blora Jadi Sasaran Deteksi RVS Penyakit Kusta, Ini Daftar Desanya

- Jumat, 25 Februari 2022 | 20:05 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Blora memeriksa salah seorang warga Desa Singget Kecamatan Jati untuk dalam program RVS penyakit kusta. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Petugas Dinas Kesehatan Blora memeriksa salah seorang warga Desa Singget Kecamatan Jati untuk dalam program RVS penyakit kusta. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka-muria.com- Sebanyak sepuluh desa di Kabupaten Blora menjadi sasaran kegiatan rapid village survey (RVS) kusta dan frambusia.

Melalui kegiatan tersebut, petugas dari Dinas Kesehatan Blora dan puskesmas setempat serta pihak terkait lainnya mendatangi satu persatu desa untuk meningkatkan penemuan kasus kusta dan eradikasi frambusia sekaligus penyembuhan bagi para penderitanya.

Daftar desa tersebut adalah sebagai berikut. 

Baca Juga: Vaksinasi Berhadiah Sepeda Motor Digelar untuk Masyarakat Blora

Desa Singget Kecamatan Jati, Desa Bleboh Kecamatan Jiken, Desa Sambonganyar Kecamatan Ngawen, Desa Dringo Kecamatan Todanan, Desa Ngliron Kecamatan Randublatung, Desa Sambiroto Kecamatan Kunduran, Desa Pilang Kecamatan Randublatung, Desa Buloh Kecamatan Kunduran, Desa Jepangrejo Kecamatan Blora dan Desa Bogorejo Kecamatan Japah.


Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., M.H melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Sutik, S.Kep., MM mengemukakan, ke-10 desa itu sesuai dengan usulan puskesmas masing-masing.

Baca Juga: Ini Akhir Kisah Selebaran Dukun Samijo cs di Blora, Meminta Maaf, Dibina, Diberi Sembako

‘’Sebenarnya banyak desa di Blora yang endemis kusta. Tahun ini sebanyak 10 desa yang menjadi sasaran kegiatan RVS,’’ ujar Sutik, Jumat (25/2/2022).

Dia mengungkapkan, RVS tahun ini sudah dilakukan di beberapa desa. Seperti yang dilaksanakan di Desa Singget Kecamatan Jati pada Kamis (24/2/2022).

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Blora Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Jumat, 25 November 2022 | 08:21 WIB

Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Bidan

Senin, 21 November 2022 | 16:27 WIB
X