Proyek Tol Demak–Tuban, Kudus Ogah Cuma Jadi Penonton Kendaraan Lewat

- Senin, 21 Februari 2022 | 17:19 WIB
Bupati Kudus Hartopo memberikan masukan kepada konsultan proyek jalan tol Demak Tuban di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (21/2). (suaramerdek.com/dok)
Bupati Kudus Hartopo memberikan masukan kepada konsultan proyek jalan tol Demak Tuban di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (21/2). (suaramerdek.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Proyek jalan tol Demak-Tuban sepanjang 171,934 kilometer akan melintasi tiga kecamatan di Kabupaten Kudus. Pemkab Kudus ogah daerahnya hanya menjadi penonton kendaraan yang lewat di jalan tol yang nantinya akan melintasi sepuluh desa di di Kabupaten Kudus itu.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, harus ada exit tol (pintu keluar) dan rest area di sepanjang jalan tol yang melintas di Kudus. Jika tidak, maka Kudus hanya akan menjadi penonton kendaraan yang melintas.

Usulan itu disampaikan Hartopo kepada tim konsultan proyek jalan tol Demak-Tuban yang menggelar konsultasi publik di Kabupaten Kudus, Senin (21/2).

BACA JUGA : Ada Kabar Proyek Jalan Tol, Warga Galau Tunda Perbaiki Rumah

“Tadi saya tanya ke konsultan apakah desain proyek ini sudah fix atau belum. Jika sudah fix tidak bisa diubah, buat apa ada konsultasi publik. Jika belum maka Kudus harus mendapat jatah exit tol dan rest area,” katanya.

Hartopo mengatakan, keberadaan exit tol penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kudus. Sementara rest area akan diusulkan untuk UMKM di Kabupaten Kudus.

Proyek jalan tol Demak-Tuban akan memakan lahan seluas 126,4 hektare di Kabupaten Kudus. Rencananya, jalan tol Demak Tuban yang melintasi Kabupaten Kudus sepanjang 15,8 kilometer dengan lebar kurang lebih 80 meter. Lebar jalan tol ini masih dalam kajian.

Sepuluh desa di tiga kecamatan yang dilewati proyek jalan tol Demak-Tuban di Kabupaten Kudus yakni Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, dan Wates di Kecamatan Undaan. Sementara tiga desa berada di Kecamatan Mejobo yakni Desa Jojo, Kesambi, dan Temulus.

Sementara itu, tiga desa sisanya berada di Kecamatan Jekulo masing-masing Desa Bulung Kulon, Buluncangkring, dan Sadang.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Bulan Dana PMI Kudus Capai Rp 925,6 Juta

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:46 WIB

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X