Petani Hutan di Randublatung Dapat Uang Rp 2,3 Miliar

- Jumat, 18 Februari 2022 | 17:57 WIB
Penyerahan secara simbolis dana sharing produksi kayu Perhutani Randublatung 2018-2019 kepada perwakilan pengurus LMDH, Jumat 18 Februari 2022. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Penyerahan secara simbolis dana sharing produksi kayu Perhutani Randublatung 2018-2019 kepada perwakilan pengurus LMDH, Jumat 18 Februari 2022. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka-muria.com- Lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) dalam naungan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung, Kabupaten Blora, bisa tersenyum bahagia.

Mereka mendapatkan kucuran dana sharing produksi kayu tebangan tahun 2018-2019 dari Perhutani sebesar Rp 2.311.423.407.

Dana sharing tersebut secara simbolis diserahkan kepada 25 LMDH oleh Administratur/KKPH Randublatung Dewanto di Aula Kantor Perhutani KPH Randublatung, Jumat 18 Februari 2022.

Baca Juga: Blora Usulkan Ada Exit Tol di Kota Rembang dan Padangan, Antisipasi Ruas Tol Ngaroban Sepi

Penyerahan dana sharing produksi kayu dihadiri pula para kepala desa (Kades) lokasi keberadaan LMDH.

Dana sharing pruduksi yang diberikan kepada masyarakat desa hutan merupakan bentuk kepedulian Perum Perhutani dalam ikut serta menyejahteraakan masyarakat khususnya yang berada di sekitar hutan.

Dana tersebut nantinya akan dikelola oleh LMDH dan pemerintah desa untuk usaha produktif, bangunan fisik desa, kegiatan sosial kemasyarakat, pengembangan agroforestry dan lain-lain.

Baca Juga: Tuban Dilewati Dua Ruas Jalan Tol : Ini Daftar Desa yang Dilalui Tol Demak-Tuban dan Trase Ngaroban di Tuban

Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto mengungkapkan, dana sharing yang diberikan kepada LMDH ini bukan yang pertama.

Melainkan sudah kesekian kalinya.

‘’Pada Desember 2021 kemarin kami memberikan dana sharing produksi tahun 2020 sebesar kurang lebih Rp 1,3 miliar. Dan sekarang kami memberikan dana bagi hasil atau sharing produksi tahun 2018/2019 sekitar Rp 2,3 miliar lebih. Ini adalah hasil dari sinergisitas kerjasama yang dibangun antara Perhutani dan masyarakat dalam pengelolaan hutan,’’ ujar Dewanto.

Baca Juga: Polda Jateng Amankan 2 Orang Terkait Kasus Minyak Goreng Palsu di Kudus

Dia mengharapkan dengan adanya dana sharing dari produksi kayu tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha-usaha produktif.

Nyomo ketua LMDH Wana Lestari  Desa Jegong Kecamatan Jati  menyampaikan terimakasih kepada Perhutani atas sharing produksi kayu  yang diberikan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Yeni Inka Naik Pangkat

Selasa, 3 Januari 2023 | 13:51 WIB

Pemkab Blora Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Jumat, 25 November 2022 | 08:21 WIB
X