Akhiri Perbedaan Data, Pemkab dan BPS Rintis Aplikasi Satu Data

- Senin, 14 Februari 2022 | 18:09 WIB
Kepala BPS Kabupaten Kudus Rahmadi Agus Santosa memaparkan konsep satu data, Senin(14/2). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Kepala BPS Kabupaten Kudus Rahmadi Agus Santosa memaparkan konsep satu data, Senin(14/2). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Perbedaan data statistik daerah antara pemerintah daerah dengan instansi lain seperti Badan Pusat Statistik (BPS) kerap membuat bingung para pengguna data. Perbedaan ini kerap membuat pelaksanaan teknis kebijakan di lapangan tidak sinkron.

Persoalan perbedaan data ini lah yang tengah dicarikan jalan tengah antara Pemkab Kudus dengan BPS melalui aplikasi satu data.

Kepala BPS Kabupaten Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, BPS akan segera meluncurkan buku Kudus dalam angka yang berisi berisi semua angka statistik Kabupaten Kudus. Mulai dari angka yang umum seperti ketenagakerjaan, kemiskinan, hingga pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA : Gandeng Pemkab Blora, Telkom Sediakan Big Data Analytics, Mirip Google Analytics?

“Akhir Febuari ini kami rilis. Ada banyak kegunaannya, seperti pedoman investor untuk berinvestasi di Kudus atau sebagai laporan pertanggungjawaban program bupati juga bisa,” katanya usai kegiatan Focus Group Discussion di Hotel Griptha Kudus, Senin (14/2).

BPS akan dibantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus untuk pemenuhan data. Data tersebut, diperoleh dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kudus.

Agar pengisian data oleh OPD di Kudus bisa berjalan lancar, BPS telah menyiapkan sebanyak 12 orang pembimbing untuk membantu masing-masing OPD. Dengan begitu diharapkan data yang akan masuk benar valid dan tidak ada kekeliruan.

Rahmadi mengatakan, penyelenggaraan satu data dapat menjadi acuan bagi kepala daerah dalam menentukan kebijakan. Selain itu juga sangat berguna bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Kudus.

Bupati Kudus Hartopo menekankan pentingnya data yang akurat dan berkualitas untuk pembangunan yang tepat sasaran dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X