Datangi Pendapa, Kades Protes Syarat Capaian Vaksinasi Lansia untuk Pencairan Dana Desa

- Jumat, 28 Januari 2022 | 14:34 WIB
Para kepala desa mendatangi Pendapa Kabupaten Kudus memprotes surat bupati Kudus terkait pencairan dana desa, Jumat (28/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Para kepala desa mendatangi Pendapa Kabupaten Kudus memprotes surat bupati Kudus terkait pencairan dana desa, Jumat (28/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Tambahan syarat capaian vaksinasi lansia 75 persen untuk pencairan dana desa, hingga bantuan keuangan menuai protes keras para kepala desa. Puluhan kepala desa mendatangi Pendapa Kabupaten Kudus untuk menyampaikan protes atas syarat itu, Jumat (28/1) pagi.

Sebelum ke pendapa, para kepala desa lebih dulu berkumpul di Balai Desa Demaan, Kecamatan Kota. Mereka kemudian konvoi mengendarai sepeda motor ke Pendapa Kudus.

“Kami ke sini tidak untuk aksi demo. Kami ke sini untuk audiensi untuk meminta klarifikasi kepada bupati langsung terkait surat edaran bupati,” kata Alex Fahmi, Kades Demangan, Kecamatan Kota.

BACA JUGA : Syarat Baru Pencairan Dana Desa di Kudus, 75 Persen Warga Desa Harus Sudah Vaksinasi

Dalam surat Bupati Kudus Nomor 443.4/315/13.00/2022 tentang akselerasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia disebutkan, jika hingga akhir minggu pertama Februari 2022 belum tercapai 75 persen vaksinasi lansia maka pencairan dana bagi hasil pajak, retribusi daerah, dan bantuan keuangan pemerintah kabupaten untuk desa ditunda hingga mampu memenuhi target tersebut.

“Ini kami pertanyakan, kami mintakan klarifikasi. Karena jelas vaksinasi bukan hanya tugas kades atau pemerintah desa saja. Tidak ada koleraasi antara capaian 75 persen vaksinasi  lansia dengaan pencairan dana desa hingga bagi hasil pajak,” ujarnya.

Kepala Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan Kiswo mengatakan, vaksinasi melibatkan banyak pihak termasuk Dinas Kesehatan, hingga menyangkut ketersediaan vaksin. Vaksinasi lansia tidak bisa dilakukan serta merta.

Pasalnya banyak lansia yang memiliki komorbid, sehingga tidak hal mudah mencapai 75 persen vaksinasi lansia.

“Pernah satu kasus di tempat saya, ada lansia yang setelah vaksin tiga hari tidak mau makan. Akhirnya saya bawa ke rumah sakit. Kondisi ini juga bisa terjadi di desa-desa yang lain,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X