Hujan Deras di Kudus Picu Longsor di Tiga Desa

- Kamis, 27 Januari 2022 | 17:37 WIB
Tim BPBD bersama warga membersihkan material longsor di sebelah SD 2 Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Kamis (27/1). (suaramerdeka.com/dok)
Tim BPBD bersama warga membersihkan material longsor di sebelah SD 2 Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Kamis (27/1). (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kudus menyebabkan longsor di tiga titik, Kamis (27/1) pagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat longsor terjadi di Desa Rahtawu dan Menawan, Kecamatan Gebog dan Desa Ternadi, Kecamatan Dawe.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus Budi Waluyo mengatakan, longsor di Desa Rahtawu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, berada persis di samping SD 2 Rahtawu.

“Talut penyangga tebing sepanjang delapan meter dengan lebar dua meter sudah tidak kokoh lagi. Begitu hujan intensitas lebat turun, tebing longsor,” katanya.

BACA JUGA : Talut Sungai Dawe Longsor 2 Titik, Warga Ngembalkulon Lakukan Penangaan Darurat

Budi menambahkan, tim BPBD bersama warga juga telah melakukan kerja bakti pembersihan material longsor yang terjadi di Dukuh Pendem, RT 4 RW 1 Desa Ternadi Kecamatan Dawe yang terjadi sekitar pukul 04.30 WIB.

Di Dukuh Kambangan RT 2 RW 5  Desa Menawan, Kecamatan Gebog, longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, berada persis di sebelah rumah Santoso (60), warga Kambangan. Relawan bersama warga, anggota TNI dan Polri melakukan pembersihan material longsor.

Tebing yang longsor ditutup dengan terpal plastik untuk mengantisipasi longsor susulan.

Kejadian longsor di Menawan juga sempat membuat akses jalan warga terputus. Kendaraan tidak bisa melintas karena jalan tertutup material longsor.

“Tim BPBD bersama warga telah melakuan kerja bakti untuk membersihkan jalan dari material longsor yang menutup jalan,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X