Petani di Rembang Ini Sukses Tanam Padi Tanpa Urea, Begini Caranya

- Rabu, 26 Januari 2022 | 07:03 WIB
Kurdianto berposes dengan latar tanaman padi miliknya yang sama sekali tidak menggunakan pupuk urea. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Kurdianto berposes dengan latar tanaman padi miliknya yang sama sekali tidak menggunakan pupuk urea. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Seorang petani di Dukuh Kedung Watu Desa Kedungasem Kecamatan Sumber sukses menanam padi tanpa menggunakan pupuk urea sama sekali.

Petani tersebut bernama Kurdianto.

Kurdianto menceritakan, inovasinya itu berawal saat Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sumber memberikan arahan bagaimana caranya mengurangi pemakaian pupuk Urea.

Gayung pun bersambut.

Baca Juga: Carar Menanam Padi yang Baik dan Benar, Petani Pun Belum Banyak yang Tahu

Tak lama kemudian ada pelatihan pemanfaatan pupuk organik menggunakan bahan dasar mikro bakteri tanpa urea untuk menyuburkan tanah di Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Untuk campuran pertumbuhan vegetatif pemacu pertumbuhan, ia memakai taoge atau buah maja.

Sistem untuk generatif campurannya memakai umbi-umbian yang juga bisa mencegah adanya jamur.

Baca Juga: Jelang Imlek, Klenteng Dibersihkan Gotong Royong

"Dari awal sistem kocor (disiram pakai gayung tanahnya) waktu olah tanah, pakai 200 literan. Saat pengolahan tanah mikro bakteri dicampur dengan air perbandingannya 1:2. Setelah itu disemprot lagi pakai pupuk cair photosynthetic bacteria (PSB) atau jakaba yang kita buat sendiri,” terang anggota kelompok tani Angudi Luhuning Tani 2 itu.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apindo Siap Gugat Usulan UMK Kabupaten Rembang 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:39 WIB

Pemerintah Daerah Diminta Tidak Buat Pabrik Gula

Rabu, 30 November 2022 | 14:48 WIB
X